Analisis Pengaruh Media Audiovisual dalam Menyimak pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Kejujuran di Kelas I SD Dharma Karya UT

Kesya Nur Aulia, Lutfi Lutfi

Abstract


Segala aktivitas anak berkaitan dengan keterampilan menyimak. Anak memahami bahasa berdasarkan konsep pengetahuan dan pengalaman. Hal ini penting jika anak memiliki kemampuan menyimak yang baik, anak akan lebih memahami apa yang dijelaskan oleh guru ataupun orang dewasa. Rendahnya keterampilan menyimak bisa jadi disebabkan oleh kurangnya media pembelajaran yang mendukung anak dalam proses belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media audiovisual dalam meningkatkan hasil pembelajaran menyimak pada siswa kelas I SD Dharma Karya UT. Keterampilan menyimak adalah dasar penting sebelum menguasai keterampilan berbahasa lainnya. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik observasi untuk mengumpulkan data deskriptif. Subjek penelitian adalah 25 siswa kelas I.4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media audiovisual dapat meningkatkan keterampilan menyimak siswa. Pada siklus pertama, 40% siswa mengalami kesulitan menyimak, tetapi setelah menggunakan media audiovisual pada siklus kedua, persentase tersebut menurun menjadi 12%. Temuan ini menunjukkan bahwa media audiovisual efektif dapat memperkaya pengalaman belajar, membuat konsep abstrak lebih konkret, dan meningkatkan minat serta hasil belajar siswa. Kolaborasi antara guru, siswa, dan pihak terkait sangat penting untuk meningkatkan keterampilan menyimak siswa.


Full Text:

PDF

References


Humairah, F. (2021). Peningkatan Hasil Belajar SKI Melalui Media Audio Visual Pada Materi Khulafaur Rasyiddin Kelas VII MTsN 2 Aceh Jaya (Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry).

Kusmayani, A. (2023). Pembentukan Keterampilan Menulis Nonfiksi Siswa Kelas V SDN 069 Cipamokolan Jawa Barat Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif. Jurnal Literasi Pendidikan Dasar, 4(1), 22-30.

Komariah, M. (2019). Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Nilai Kejujuran Anak Usia 5-6 Tahun Di RA Muttaqin Delitua Kabupaten Deliserdang (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).

Amir, R. (2023). Penggunaan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Cerita Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SDN 286 Pasaka Kecamatan Kahu Kabupaten Bone.

Nurfadhillah, S., Barokah, S. F., Nur’alfiah, S., Umayyah, N., & Yanti, A. A. (2021). Pengembangan media audio visual pada pembelajaran matematika di kelas 1 mi al hikmah 1 sepatan. PENSA, 3(1), 149-165.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ