Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas III dengan Poster Ilmiah

Nanda Triewidyatami Ardianto, Lutfi Lutfi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa kelas III SD Dharma Karya UT dengan menggunakan media poster ilmiah. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan deskriptif kualitatif dalam dua siklus. Latar belakang penelitian menunjukkan bahwa siswa kurang tertarik dan aktif dalam pembelajaran konvensional, terutama dalam pembelajaran matematika. Hasil siklus 1 menunjukkan adanya peningkatan antusiasme siswa terhadap materi pelajaran, sedangkan hasil siklus 2 menegaskan bahwa penggunaan poster ilmiah mampu menciptakan suasana pembelajaran yang lebih dinamis dan interaktif, serta mendorong partisipasi aktif siswa. Dengan demikian, kesimpulan penelitian ini adalah penggunaan poster ilmiah efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas 3.4, dengan saran untuk melibatkan siswa dalam pembuatan poster dan terus mengembangkan strategi pembelajaran yang inovatif.

Full Text:

PDF

References


Afandi, R. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dan Hasil Belajar IPS di Sekolah Dasar. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 1(1), 77. https://doi.org/10.22219/jinop.v1i1.2450

Berges, S., Martino, S., Basko, L., & McCabe, C. (2021). “ZOOMING” INTO ENGAGEMENT: INCREASING ENGAGEMENT IN THE ONLINE CLASSROOM. journal of Instructional Research, 10.

Ningsih, R., & Nurrahmah, A. (2016). Pengaruh Kemandirian Belajar dan Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1). https://doi.org/10.30998/formatif.v6i1.754

Suyanti, S., Sari, M. K., & Rulviana, V. (2021). Media Powtoon Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran ke-SD-an, 8(2), 322–328. https://doi.org/10.31316/esjurnal.v8i2.1468

Wahyugi, R., & Fatmariza, F. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Menggunakan Software Macromedia Flash 8 Sebagai Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(3), 785–793. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i3.439

Widayati, A. (t.t.). PENELITIAN TINDAKAN KELAS.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ