Upaya Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Materi Cerita Fiksi Menggunakan Model Pembelajaran Role Playing pada Kelas 4.2 SD Dharma Karya UT

Wulan Anggraini, Lutfi Lutfi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan model pembelajaran Role playing merupakan sebuah Upaya yang tepat untuk dapat meningkatkan keaktifan peserta didik dalam pelajaran Bahasa Indonesia di kelas 4.2 SD Dharma Karya UT. Dengan penggunaan model Role Playing dalam proses pembelajaran, dapat memungkinkan peserta didik lebih aktif sehingga pembelajaran dapat terlaksana secara efektif dan menyenangkan. Penelitian ini dilakukan menggunakan penelitian tindakan kelas dan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk mengukur keaktifan peserta didik. Penelitian ini dilakukan dalam beberapa siklus. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajara Role Playing mampu meningkatkan keaktifan peserta didik dalam Pelajaran Bahasa Indonesia materi cerita fiksi. Dengan adanya model pembelajaran Role Playing ini dapat dijadikan sebuah inovasi baru bagi guru untuk membuat pembaharuan didalam kelas sehingga suasana kelas menjadi lebih menyenangkan dan dengan adanya model ini titik fokus akan lebih besar mengarah kepada peserta didik.


Full Text:

PDF

References


Al-afiah, A. K. (2023). Penerapan Role Playing Pada Materi Cerita Fiksi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Dalam Upaya Peningkatan Keaktifan Belajar Peserta Didik Kelas V Min 1 Ponorogo.

Hakim, L. (2016). Pemerataan Akses Pendidikan Bagi Rakyat Sesuai Dengan Amanat Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jurnal EduTech, 2(1).

Juhji. (2018). Model Pembelajaran IPA Untuk Calon Guru SD/MI. Media Madani.

Yunita, D., & Wijayanti, A. (2017). Pengaruh Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau Dari Keaktifan Siswa. 3(2).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ