Peningkatan Hasil Belajar Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Siswa Kelas IV SD Dharma Karya UT

Adhitya Prabowo, Lutfi Lutfi

Abstract


Dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah (PBL), penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar aspek kognitif siswa di kelas IV pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Wawancara dengan guru kelas menunjukkan bahwa selama pembelajaran, guru merasa bahwa memberikan materi pembelajaran kurang efektif karena hanya memberikan tugas dari buku LKS kepada siswa tanpa memberikan penjelasan. Penelitian ini dilakukan dengan PTK menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart (Pendidikan et al., 2003). Studi ini dilakukan pada 28 siswa di kelas IV SD Dharma Karya UT. metode untuk menganalisis data yang menggunakan analisis ketuntasan dan analisis deskripsi komparatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa (KKM) mencapai lebih dari 75. Siswa menunjukkan presentase ketuntasan 40% sebelum siklus, dengan rata-rata 68,68. Kemudian, selama siklus I, presentase ketuntasan meningkat menjadi 50%, dengan rata-rata 75,43. Kemudian, selama siklus II, presentase ketuntasan siswa meningkat menjadi 85%, dengan rata-rata 82,36. Hasilnya menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas IV dapat ditingkatkan dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah pada SD Dharma Karya UT.


Full Text:

PDF

References


Aini, Q., & Relmasira, S. C. (2018). Penerapan Pembelajaran Tematik Integratif Berbasis Kontekstual untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas 1 SD. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 27(2), 124–132.

Anisa Astra, J., Mardiyana, & Triyanto. (2018). Pendekatan dan Penilaian Pembelajaran pada Kurikulum 2013 Revisi 2017 yang Mendukung Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 5(3), 286–299. Ayuningsih, D., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Berpikir Kritis Matematika. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(2), 94–99.

Dirgatama, C. H. A., Th, D. S., & Ninghardjanti, P. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Mengimplementasi Program Microsoft Excel Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Administrasi Kepegawaian Di Smk Negeri 1 Surakarta. Jurnal Informasi Dan Komunikasi Administrasi https://jurnal.uns.ac.id/JIKAP/article/view/19138 Perkantoran, 1(1), 36–53.

Hendawati, Y., & Kurniati, C. (2017). Penerapan Metode Eksperimen Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas V Pada Materi Gaya Dan Pemanfatannya. Metodik Didaktik, 13(1).

Hermanto, Japar, M., & Utomo, E. (2019). Implementasi Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dalam Membentuk Karakter Siswa (The Implementation of Social Science Learning in Building Students’ Characters. Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 6(1), 1–6.

In, M., Mipa, C. X., & Negeri, S. M. A. (2021). MENARA Ilmu Vol. XV No.01 April 2021. XV (01), 18–31.

Khotimah, D. K. dan sulthoni. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Pkn Siswa. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(2), 158–165


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ