Pengaruh Metode Latihan Push Up terhadap Power Jurus Tunggal Baku Pencak Silat Pada Siswa SMP Lab School FIP UMJ

Yasir Romadhon Saputra, Zaitun Zaitun

Abstract


Masalah  dalam penelitian  ini  adalah masih rendahnya power siswa saat melakukan jurus tunggal baku pencak silat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan pengaruh latihan push-up  terhadap power jurus tunggal baku pencak silat siswa SMP Lab School FIP UMJ. Jenis penelitian ini adalah exsperimen. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Lab School FIP UMJ. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Lab School FIP UMJ yang berjumlah 60 siswa, penarikan sampel menggunakan teknik purposive sampling.  sampel yang dilibatkan yang berjumlah 60 orang. Namun pada penelitian ini,dibentuk dua kelompok penelitian yang terdiri dari kelompok A diberi perlakukan dengan latihan push up dan kelompok B dengan latihan bench press.. Teknik analisis data menggunakan uji-t pada taraf signifikan 95%. Berdasarkan hasil analisis data, maka dapat dikemukakan kesimpulan yaitu : Ada pengaruh yang signifikan latihan push up terhadap power siswa pada jurus tunggal baku pencaksilat (to = 9,151 > tt =2,045). Ada pengaruh yang signifikan latihan bench press terhadap terhadap power siswa pada jurus tunggal baku pencaksilat (to = 7,620 > tt = 2,045). Ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara latihan push up dan latihan bench press terhadap power siswa pada jurus tunggal baku pencaksilat (to = 12,828 > tt = 2,000 ).

Full Text:

PDF

References


Djoemali, Moh. (1994). Pencak Silat dan Seni Budaya. Yogyakarta: Bagian Pencak Silat Dijakeb Kem PP dan K.

Harsono. (1988). Coaching dan Aspek-aspek Psikologis dalam Coaching. Bandung: Tambak Kusuma CV.

Ikatan Pencaksilat Indonesia (PB. IPSI). 1994. Istilah-istilah teknik pencaksilat. Jakarta : Munas IX.

Kahar. (1986). Hubungan Antara Latihan Push Up, Sit Up dan Skipping Terhadap Kecepatan Pukulan dalam Olahraga. Ujung Pandang : Skripsi FPOK IKIP.

Tatang Suryadin, Udi Sahudi, Kulyana (2018). Pengaruh Latihan tendangan ke atas kursi terhadap keterampilan tendangan kea rah depan pada ekstrakulikuler pencak silat di SMK Bina Insan Mandiri. Journal Respecs Research Physical Education and Sports.

Sudjana. (1989). Metode Statistik edisi V. Bandung : Tarsito.

Sukamto, Anto and Hakim, Hikmad and Dewi, Rahma and Nurkadri, Nurkadri and Sinaga, Fransen. (2022). Effect of Bench Press Exercise and Triceps Strength Bullet Rejection Ability to be Reviewed from the Flexibility of the Togok to FIK UNM Makassar Students. KINESTETIK : Jurnal Ilmiah Pendidikan


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ