Meningkatkan Gerakan Teknik Dasar Memukul dan Menangkap Bola Kasti pada Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 22 Setiabudi Pamulang

Akhdan Khayri Fazlullah, Ahmad Fadly, Mulyadi Hikmah

Abstract


Ketangkasan dalam memukul dan menangkap olahraga bola kasti diukur dari teknik dasar Gerakan bola kasti tersebut, pentingnya memahami Gerakan dasar dalam permainan olahraga bola kasti dapat berguna dalam permainan olahraga bola kasti. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pembelajaran mengenai teknik dasar dalam memukul maupun menangkap pada olahraga bola kasti yang dilakukan di SMP Muhammadiyah 22 Pamulang, untuk meningkatkan pengetahuan dan pembelajaran yang dapat digunakan di masa yang akan datang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah penelitian tindakan kelas (PTK) atau dikenal dengan istilah Classroom Action Research. Hasil dari Penelitian ini setelah diadakannya pembelajaran dan praktek ini hasil menunjukkan bahwa Siswa-siwi kelas VIII SMP Muhammadiyah 22 Pamulang lebih memahami, lebih mengerti, dan lebih bisa bermain olahraga bola kasti dengan lebih bagus dan lebih baik dibandingkan dengan sebelum adanya pembelajaran mengenai teknik dasar memukul dan menangkap bola kasti.


Full Text:

PDF

References


Pertiwi T. S. & Sutiyana A. (2017). "Pelaksanaan Permainan Bola Kasti dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Di SD/MIN Kota Bengkulu." Kinestetik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani 1 (1) 54-58.

Rahandi, T.O. (2021). "Kemampuan Gerak Dasar Melempar dan Kelincahan melalui Pembelajaran Bola Kasti." Jurnal Edukasimu, 1 (3)

Santoso, H., Susilawati, I. & Atmaja, N. M. K. (2020). "Upaya Meningkatkan Psikomotorik Siswa pada Pembelajaran Bola Kasti melalui Permainan Lempar Tangkap Bola di Kelas IV SDN 2 Batu Buil" Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi (Penjaskesrek), 7e (1) 1 - 6

Rujana. (2015). "Kemampuan Teknik Dasar Memukul, Melempar dan Menangkap Bola Dalam Permainan Bola Kasti Siswa Kelas IV SD Negeri Demen, Temon, Kabupaten Kulon Progo Tahun 2015, Skripsi Universitas Negeri Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ