Meningkatkan Gerakan Motorik Senam Lantai Khususnya Sikap Lilin dan Meroda Pada Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 22 Setiabudi Pamulang

Willian Danuarta, Ahmad Fadly, Mulyadi Hikmah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan gerakan motorik senam lantai, khususnya sikap lilin dan meroda, pada siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 22 Setiabudi Pamulang. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, dengan setiap siklus melibatkan tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 30 siswa kelas VII. Data dikumpulkan melalui observasi langsung, dan tes keterampilan senam lantai. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan motorik siswa. Pada siklus pertama, hanya 50% siswa yang mampu melakukan sikap lilin dengan benar, namun pada siklus kedua meningkat menjadi 83%. Demikian juga untuk gerakan meroda, dari 40% siswa yang berhasil pada siklus pertama, meningkat menjadi 73% pada siklus kedua. Peningkatan kemampuan ini disebabkan oleh penerapan metode pembelajaran yang lebih interaktif dan berfokus pada praktik langsung serta pemberian umpan balik yang konstruktif. Kesimpulannya, metode pembelajaran yang diterapkan berhasil meningkatkan kemampuan motorik senam lantai siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 22 Setiabudi Pamulang. Rekomendasi untuk penelitian selanjutnya adalah menguji metode ini pada gerakan senam lainnya dan pada tingkat pendidikan yang berbeda untuk mengukur efektivitasnya lebih lanjut. 

Full Text:

PDF

References


Jeria, Jeria, Mohamad Rif'at, and Nur Sulistyo Muttaqin. (2017). Upaya Meningkatkan Gerak Dasar Sikap Lilin Pada Pembelajaran Senam Lantai Dengan Media Dinding Pada Siswa Kelas X Sma Negeri 1 Sokan. Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi (Penjaskesrek) 4.1: 35-42.

Yunita, Kharisma, et al. (2023). Hubungan Kekuatan Otot Lengan dengan Kemampuan Meroda dalam Mata Pelajaran Senam di SMPN 29 Padang." Jurnal JPDO 6.3: 83-88.

Palese, Krismayanti. (2024). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Senam Lantai Melalui Metode Problem Based Learning Siswa Kelas XI Elektronik Industri 1 SMK Negeri 2 Makassar. Global Journal Sport Science 2.3: 1062-1072.

Safrial, B. (2022). Memaksimalkan Kompetensi Senam Lantai Melalui Metode Practice Style Dengan Card Task Di Sman 1 Bungo. Jurnal Tunas Pendidikan 4(2).

Moneta, Ahmad Bangkit, and Advendi Kristiyandaru. (2022). Penerapan Video Tiktok Berbasis E-Scaffolding Prosedural Dalam Materi Senam Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran Pjok Di Smk Dharma Wanita Gresik. SIBATIK JOURNAL: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan 1.9: 1605-1616.

Yuarsa, Hendra, Edi Purnomo, and Wiwik Yunitaningrum. (2013). Hubungan Kelentukan Togok dan Kekuatan Otot Lengan Terhadap Hasil Belajar Sikap Lilin. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK).

Setira, Alhawi. (2024). Analisis Faktor Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran Senam Lantai Di Sma Negeri 1 Suro Kecamatan Suro Makmur Kabupaten Aceh Singkil. Dis. Universitas Bina Bangsa Getsempena.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ