Analisis Minat Bermain Bola Voli Passing Bawah Pada Siswa SMP Negeri 3 Tangerang Selatan

Alifah Octavia, M. Al Ghani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat belajar siswa di SMP Negeri 3 Tangerang Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat belajar siswa dalam pembelajaran bola voli. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menyebarkan kuesioner kepada siswa kelas IX di SMP Negeri 3 Tangerang Selatan. Hasil penelitian ini bermaksud untuk mengetahui minat belajar siswa dalam pembelajaran bola voli. Bahwa minat sangat mempengaruhi dalam pembelajaran bola voli dengan beberapa faktor yang mempengaruhinya yaitu faktor eksternal dan internal, dalam faktor tersebut terdapat beberapa indikator yaitu perhatian, ketertarikan, aktivitas, peran guru, dan fasilitas. Dari semua indikator tersebut semuanya saling berkaitan dalam mempengaruhi minat belajar siswa dan dapat meningkatkan keterampilan passing bawah ketika pembelajaran bola voli.

Full Text:

PDF

References


Rukmana, Asep Wahabudin et al., 2020. Minat Belajar Siswa untuk Meningkatkan Kemampuan Pembelajaran Bola Voli Di SMPN 2 Majalaya. Jurnal Literasi Olahraga. Volume 2 Nomor1. https://journal.unsika.ac.id/index.php/JLO/article/view/4359

Saputra, Deka Ismi & Gusniar. 2019. Meningkatkan Hasil Belajar Passing Bawah Bola Voli Melalui Bermain Melempar Bola. Gelanggang Olahraga: Jurnal Pendidikan Jasmani danOlahraga. Volume 3 Nomor 1. https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/JPJO/article/view/862

Setiyawan. 2017. Visi Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Jurnal Ilmiah Penjas (Penelitian, Pendidikan, dan Pengajaran). Volume 3 Nomor 1. http://www.ejournal.utp.ac.id/index.php/JIP/article/view/543


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ