Minat Siswa terhadap Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SMP Dharma Karya UT

Faldin Faldi Gumilang, Yasin Efendi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Faktor internal apa yang menyebabkan kurangnya minat siswa belajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Kelas VIII di SMP Dharma Karya UT 2) faktor eksternal apa yang menyebabkan kurangnya minat siwa belajar Pendidikan Jasmani Olaharaga dan Kesehatan Kelas VIII di SMP Dharma Karya UT. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Jumlah informan sebanyak 27 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pengabsahan data menggunakan member check. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) faktor internal yang menyebabkan kurangnya minat siswa belajar  Pendidikan  Jasmani  Olahraga  dan  kesehatan  Kelas  VIII di SMP. SMP Dharma Karya UT adalah: (a) faktor aspek jasmaniah yang mencakup kondisi fisik atau kesehatan dari individu siswa tersebut seperti sering kelelahan adanya rasa sakit di bagian kaki, tangan siswa 2) Faktor eksternal yang menyebabkan adalah : (a) faktor keterbatasan alat untuk berolahraga (b) lapangan yang kurang luas serta di gabung kelas lain (c) adanya ajakan dari teman selokal maupun dari lokal lain saat berolahraga.

Full Text:

PDF

References


Gunawan, Badaru, Benny. (2019). Survei Minat Siswa Mengikuti Pembelajaran. http://eprints.unm.ac.id/14415/1/Jurnal%20Gunawan.pdf, 1-10.

Ihsan Maulani, Aryadie Adnan. (2018). Minat Siswa Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. https://media.neliti.com/, 1077 - 1086.

Munir.M. (2019). Analisis Minat Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Ditinjau . (Jurnal Skripsi Universitas Negeri Makassar).

Paturusi, Achmad. (2012). Manajemen Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Jakarta: PT Rineka.

Saleh.M.S. (2021). Survei Minat Belajar Siswa Dalam Mengikuti Pembelajaran Pendidikan Jasmani Di . Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 4.

Slameto. (2010). Belajar & Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: PT Rineka Cipta. . Veni Imawati1, Achmad Maulana2. (2021). Minat Belajar Siswa dalam Mengikuti Proses Pembelajaran PJOK. https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/pej, 87-93.

Zaki dan Zuraini. (2016). faktor faktor yang mempengaruhi minat siswa belajar pendidikan. Jurnal tunas bangsa, VOL 3 NO 2 .ISSN 2355-0066. Hal 45.

Arifin, Z. (2012). Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan. Jakarta: Rajawali Pers.

Syarifuddin, H. (2008). Metodologi Pendidikan Jasmani. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyanto, S. (2011). Pengaruh Minat Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Jasmani. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Widiastuti, R. (2016). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Siswa Terhadap Pendidikan Jasmani di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Olahraga, 5(1), 45-54.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ