Implementasi Program Latihan Kebugaran Jasmani Meningkatkan Kekuatan dan Daya Tahan Siswa di SMP Dharma Karya UT

Muhammad Diaz Ilyasa, Yasin Efendi

Abstract


Kebugaran jasmani adalah kemampuan tubuh untuk menjalani aktivitas sehari-hari dengan efisien dan memiliki energi cadangan untuk menikmati kegiatan waktu luang serta menghadapi situasi darurat. Penelitian ini bertujuan mengevaluasi program latihan kebugaran jasmani di SMP Dharma Karya UT yang difokuskan pada peningkatan kekuatan dan daya tahan siswa. Program ini dikembangkan sebagai respons terhadap kebutuhan meningkatkan kesehatan fisik dan kesejahteraan siswa. Metode evaluatif dan eksperimen digunakan untuk menganalisis perubahan kekuatan otot dan daya tahan kardiovaskular sebelum dan sesudah pelaksanaan program. Hasil menunjukkan bahwa peserta program mengalami peningkatan signifikan dalam kekuatan dan daya tahan fisik. Selain itu, program ini juga membantu meningkatkan motivasi dan partisipasi siswa dalam aktivitas fisik. Penelitian melibatkan 27 siswa kelas VII.3 yang dipilih secara acak untuk menghindari bias dan memastikan representativitas sampel.


Full Text:

PDF

References


Andi. W. (2023). Program kebugaran jasmani yang terstruktur di sekolah dapat memberikan manfaat yang signifikan dalam meningkatkan kesehatan fisik dan mental siswa. Journal of Physical Education, 45-58.

Anwar, S. (2020). Implementasi Program Latihan Kebugaran Jasmani di Sekolah Menengah Pertama,. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 112-125.

Bambang, S. (2022). Hasil penelitian yang menunjukkan peningkatan kekuatan dan daya tahan fisik siswa setelah mengikuti program latihan jasmani sangat menggembirakan. Journal of Sports Science, 102-115.

Rini, S. (2021). Kebugaran fisik yang baik selama masa pertumbuhan dapat membantu anak-anak untuk mengembangkan kebiasaan hidup sehat yang akan bertahan hingga dewasa. Health Education Research, 789-802.

Budi, T. (2019). Pengaruh Latihan Kebugaran Jasmani terhadap Kekuatan dan Daya Tahan Siswa SMP. Jurnal Olahraga Nusantara, 7(1), 56-69.

Cahyono, D. (2021). Penerapan Program Latihan Kebugaran di Sekolah: Studi Kasus di SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 9(3), 178-192.

Dewi, R. (2018). Evaluasi Program Kebugaran Jasmani dalam Meningkatkan Kekuatan dan Daya Tahan Siswa SMP. Jurnal Kesehatan Olahraga, 6(2), 101-115.

Eka, P. (2022). Analisis Efektivitas Program Latihan Kebugaran Jasmani di SMP Dharma Karya UT. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 10(1), 23-37.

Firdaus, A. (2019). Manfaat Program Latihan Kebugaran Jasmani bagi Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, 7(4), 214-228.

Ginting, B. (2020). Peranan Latihan Kebugaran Jasmani dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Sekolah Menengah, 5(3), 89-103.

Haryanto, S. (2021). Program Latihan Kebugaran Jasmani untuk Meningkatkan Kekuatan Otot Siswa SMP. Jurnal Ilmu Pendidikan Jasmani, 8(2), 134-148.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ