Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Model Pembelajaran Teams Games Tournaments (TGT) terhadap Pemahaman Kata Antonim Siswa Kelas 2

Rodotul Janah, Linda Astriani

Abstract


Latar belakang penelitian ini menggunakan model pembelajaran yang monoton di ruang kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran teams games tournaments terhadap pemahaman kata antonim , mengetahui pemahaman peserta didik selama proses belajar menggunakan model temas games tournamnets . Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas. Definisi penelitian tindakan sebagai jenis penelitian yang melibatkan refleksi diri oleh peserta di lingkungan sosial ( seperti dalam konteks pendidikan ) dengan tujuan untuk meningkatkan praktik mereka. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus. Untuk masing-masing siklus ada empat tahap yaitu perencanaan ,pelaksanaan ,observasi ,dan refleksi .Penelitian ini mengambil lokasi di SDN Benda Baru 03 yang beralamat Jl. Mendut Raya Jl.Borobudur Raya No.11 ,Benda Baru , Kec.Pamulang , Kota Tangerang Selatan ,Banten 15415. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas 2 yang berjumlah 38 Peserta didik, terdiri dari 23 Peserta didik laki-laki dan 15 Peserta didik perempuan. Model pembelajaran Teams Games Tournaments dapat mempengaruhi pemahaman peserta didik dalam pembelajaran kata Antonim dengan hasil pada siklus I sebesar 81% kemudian meningkat pada siklus II sebesar 88% .Berkat metode pengajaran yang lebih baik dan media pembelajaran guru, yang membuat materi lebih mudah dipahami siswa.


Full Text:

PDF

References


Abidin, Y. (2015). Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter.Bandung: Refika Aditama.

Kristiantari, R. (2010). Pembelajaran Menulis Di Sekolah Dasar Menulis Deskripsi Dan Narasi. Yogyakarta: Media Ilmu.

Mentari, M. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Gamestournamets (Tgt) Terhadap Kreativitas Siswa Kelas Iv Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Madrsah Ibtidaiyah Al-Amalul Khair Palembang (Doctoral Dissertation, Uin Raden Fatah Palembang). Http://Eprints.Radenfatah.Ac.Id/Id/Eprint/1014

Ningsih, E. K. Pengaruh Model Pembelajaran Koperatif Tipe Teams Games Tournament (Tgt) Terhadap Hasil Belajar Siswa: Kuasi Eksperimen Di Sma Negeri 6 Kota Depok (Bachelor's Thesis, Jakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Uin Syarif Hidayatullah). Http://Repository.Uinjkt.Ac.Id/Dspace/Handle/123456789/41964

Santoso, M. (2011). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tgt (Teams-Games Tournament) Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Http://Repository.Uinjkt.Ac.Id/Dspace/Handle/123456789/1338


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ