Upaya Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas 5 terhadap Materi Bangun Ruang Menggunakan Media Miniatur Bangun Ruang di SDN Benda Baru 03

Fildza Ananda, Linda Astriani

Abstract


Pada penelitian ini bertujuan untuk melihat peningkatan pemahaman siswa kelas 5 terhadap materi bangun ruang menggunakan media miniatur di SDN Benda baru 03. Pada kegiatan pembelajaran matematika ini berjalan dengan baik, maka guru harus menggunakan media yang menarik agar para siswa pun tertarik untuk belajar.subyek pada penelitian ini adalah kelas 5B di SDN Benda Baru 03 yang terdapat 32 siswa. Jenis media yang digunakan pada penelitian ini adalah media miniatur bangun ruang. Media minatur bangun ruang ini menyerupai kotak,memiliki titik sudut, rusuk, sisi dan penelitian ini juga menggunakan media jaring-jaring bangun ruang. Dengan menggunakan media ini diharapkan siswa menjadi mudah untuk menerima pembelajaran dan membantu guru untuk menjelaskan tentang bangun ruang ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan dari hasil belajar siswa menggunakan media miniatur bangun ruang. Hasil akhir diketahui bahwa semua nilai rata-rata siswa dan presentase  ketuntasan siswa sudah mengalami peningkatan pada setiap siklus, pada siklus 1 dengan nilai rata-rata 47,81 menjadi 71,40. Pada siklus 2 mendapatkan nilai dengan rata-rata 64,37 menjadi 79,53. Dari hasil rata-rata tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui media miniatur bangun ruang ini terdapat peningkatan pada siswa kelas v di SDN BENDA BARU 03

Full Text:

PDF

References


Ahmad S. (2013). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Terhadap Hasil Belajar . Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 49. Https://Doi.Org/10.23887/Jppp.V3i1.17108

Asriani, A., Sulaiman, U., & Rosdiana, R. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Miniatur Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas V Min 3 Polman Kec. Tapango Kab. Polewali Mandar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 4(2), 92-101.

Dina I, . (2011). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Terhadap Hasil Belajar . Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 49. Https://Doi.Org/10.23887/Jppp.V3i1.17108

Jannah, Z. R., & Saryantono, B. (2023). Penggunaan Media Puzzle Bangun Ruang Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sdn Waylunik Tahun Pelajaran 2022/2023. Cerdas: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Dasar, 2(2), 431-438.

Khotimah, S. H., And Risan Risan. "Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Bangun Ruang." Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan 3.1 (2019): 48-55. Https://Doi.Org/10.23887/Jppp.V3i1.17108

Kuswandi, S., & Nurzaman, D. R. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Konsep Bangun Ruang Dengan Menggunakan Metode Inquiri Di Sdn Mekarjaya I Kecamatan Rawamerta Kabupaten Karawang. Jurnal Tahsinia, 2(2), 191-201.

Nafirin, A. S., & Susilo, C. Z. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Bangun Ruang Transparan Terhadap Pemahaman Siswa Dalam Materi Bangun Ruang Di Sekolah Dasar. Ed-Humanistics: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2).

Pamungkas, I. P. Meningkatkan Hasil Belajar Mengidentifikasi Sifat-Sifat Bangun Ruang Dengan Media Bangun Ruang Dari Kardus Siswa Kelas V Sekolah Dasar (Doctoral Dissertation, State University Of Surabaya).

Simanjuntak, A., Panjaitan, M., & Thesalonika, E. (2022). Pengaruh Media Konkret Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bangun Ruang Di Kelas V Sd Negeri 124394 Pematang Siantar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (Jpdk), 4(6), 5501-5511.

Soedjadi, S. (2000). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Terhadap Hasil Belajar . Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 49. Https://Doi.Org/10.23887/Jppp.V3i1.17108

Sulistyanto, Wakit. "Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Bangun Ruang Menggunakan Media Konkret Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri Kraton Yogyakarta." Skripsi. Yogyakarta: Program Sarjana Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Yogyakarta (2013).

Wulandari, A. D. (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dengan Menggunakan Media Konkret (Penelitian Pada Siswa Kelas V Sdn Pager Sari 1 Tlogo Kabupaten Temanggung Tahun Pelajaran 2017/2018) (Doctoral Dissertation, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang).

Yusimarliah, E. (2015). Pengaruh Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Realistik Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. Jkpm (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 1(1), 1-15.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ