Analisis Hasil Belajar Tolak Peluru Menggunakan Modifikasi Bola Plastik

Fatur Rahman, M. Al Ghani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hasil belajar siswa mata pelajaran penjaskes materi tolak peluru dengan menggunakan modifikasi bola plastik. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 35 peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Tangerang Selatan. Penelitian ini hanya dilakukan dalam dua kali pertemuan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas (PTK). Hasil dari pembelajaran tolak peluru yaitu perkembangan rata-rata nilai dari pertemuan satu hingga peretmuan kedua dimana nilai rata-rata hasil nilai akhir dimana awal pertemuan rata-rata nilai akhirnya sebesar 74,8 berubah menjadi 82,3 atau nilai naik menjadi 7,5. Penggunaan media yang tetat pada pembelajaran tolak peluru dengan menggunakan alat modifikasi bola plastik sangat direkomendasikan karena adanya peningkatan dari rata-rata nilai akhir 74,8 menjadi 82,3 atau naik menjadi 7,5. Pada awal pertemuan peneliti mendapat data ketuntasan hasil belajar sebesar 43% dimana pada proses pembelajaran masih menggunakan media peluru yang asli yang sesuai standar. Kemudian pada proses pembelajar kedua peneliti dengan teman sejawat dan guru pamong melakukan obdervasi dan diskusi sehingga pada pertemuan kedua dalam aktivitas praktik tolak peluru harus menggunakan alat bantu modidikasi bola plastik data ketuntasan hasil belajar pada pertemuan kedua sebesar 100% atau naik sebesar 57%.  Dengan demikian, alat bantu modifikasi bola plastik sangat membantu dalam aktifitas pembelajaran, sehingga peserta didik mampu meningkatakan efesiensi dan efektifitas keterampilan dan menambah tingkat kemampuan yang sesuai dengan perkembangan siswa dalam pembelajaran tolak peluru.


Full Text:

PDF

References


Adi, S. (2023). Pendidikan Jasmani Olahraga & Kesehatan. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Agus, M., & Bambang, A. (2021). Pendidikan Jasmani Olahraga & Kesehatan. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Edward, H., Afendi, A. R., & dkk. (2024). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jambi: PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Wina, S. (2016). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Prenadamedia.

Candra, A. T., & Setiawan, W. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Tolak Peluru Gaya Menyamping Menggunakan Alat Bantu Modifikasi Bola Kasti. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 6(1), 25-30.

Hafidz, I. A., Syafei, M. M., & Afrinaldi, R. (2021). Survei Pengetahuan Siswa Terhadap Pembelajaran Atletik Nomor Lompat Jauh di SMAN 1 Rengasdengklok. Jurnal Literasi Olahraga, 2(2), 104-109.

Budi, D. R. (2021). Modifikasi pembelajaran pendidikan jasmani.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ