Analisis Kesulitan Belajar Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Bangun Datar untuk Siswa Kelas IV SDN Benda Baru 03

Authors

  • Adinda Rizkyta Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Linda Astriani Universitas Muhammadiyah Jakarta

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan belajar matematika dalam menyelesaikan soal cerita pada materi bangun datar di kelas IV SDN Benda Baru 03, serta meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian sebanyak 15 siswa kelas IV B. Data dikumpulkan melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam memahami konsep dan prinsip matematika yang berdampak pada kemampuan mereka menyelesaikan soal cerita pada bangun datar. Faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar ini meliputi faktor internal seperti IQ, sikap, motivasi, dan kesehatan siswa, serta faktor eksternal seperti metode pengajaran guru, penggunaan media pembelajaran, sarana dan prasarana sekolah, dan lingkungan keluarga. Untuk mengatasi kesulitan tersebut, beberapa upaya yang disarankan antara lain penggunaan media pembelajaran konkret, latihan soal cerita yang lebih banyak, dan kerja sama dengan orang tua siswa.

References

Darjiani, N. N. Y., Meter, I. G., Negara, I. G. A. O., & Ke, S. P. M. (2015). Analisis Kesulitan-Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas V Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Di Sd Piloting Se-Kabupaten Gianyar Tahun Pelajaran 2014/2015. Mimbar PGSD Undiksha, 3(1).

Fauzan, S. (2024). Analisis Kesulitan Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Bangun Datar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN 15 Mataram Tahun Ajaran 2023/2024 (Doctoral Dissertation, Universitas_Muhammadiyah_Mataram).

Moleong, L. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Pt Remaja Rosdakarya.

Roebyanto, G. & S. H. (2017). Pemecahan Masalah Matematika Untuk PGSD. PT Remaja Rosdakarya.

Runtukkahu, J. T. (2014). Pembelajaran Matematika Dasar Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Pustaka Pelajar.

Sugiyono, P. D. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Sugiyono. Alfabeta, CV, 458.

Downloads

Published

2024-09-03

Issue

Section

Articles