Analisis Pemahaman Pembelajaran Teknik Renang Gaya Dada pada Siswa Kelas 9 SMP Negeri 3 Tangerang Selatan

Naufal Tsani Nugraha, M. Al Ghani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan gerak  renang gaya dada pada siswa kelas IX SMP Negeri 3 Tangerang Selatan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sampel terdiri dari. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner. Adapun analisis data yang digunakan yaitu analisis Miles dan Huberman yaitu analisis data model interaktif yang melalui langkah-langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman siswa mengenai olahraga renang dengan menggunakan gaya dada pada siswa kelas IX . Populasi dalam penelitian ini siswa kelas IX SMPN 3 Tangerang Selatan. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan pengumpulan datanya menggunakan kuisioner.

Full Text:

PDF

References


Abdul Narlan, et al. (2020). Permainan Tradisional Elengan Meningkatkan Kecepatan Underwater Renang Gaya Kupu-Kupu. Riyadhoh : Jurnal Pendidikan Olahraga, 3(1), 43–48.

Agung Rizkiyansyah, B. M. (2019). Pengaruh Media Papan Luncur dan Pull Buoy Pola Metode Drill terhadap Hasil Belajar Teknik Dasar Renang Gaya Bebas. Jurnal Kepelatihan Olahraga, 11(2), 112–123.

Aprillia, et al. (2020). Hubungan Kebugaran Jasmani Terhadap Tingkat Konsentrasi Siswa di SMAN 9 Bekasi. Jurnal Literasi Olahraga, 1(1), 77–81. https://doi.org/https://doi.org/10.3570 6/jlo.v1i1.3923.

Rulianto, G., & Mulyanto, R. (2017). Pengaruh Olahraga Renang Gaya Dada Sebagai Hydro Therapy Terhadap Penurunan Intensitas Kambuh Pada Penyakit Asma (Penelitian Eksperimen pada Siswa di Adyas Aquatic Club Sumedang). SpoRTIVE, 1(1), 80-85.

Yanda, Ryska April, Mimi Haetami, and Fitriana Puspa Hidasari, (2017). Pengaruh Metode Drill Pada Renang Gaya Dada Untuk Peserta Didik Tuna Wicara di Sekolah Luar Biasa Dharma Asih Kota Pontianak." Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran 7, no. 7


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ