Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Kayang Senam Lantai Melalui Metode Pembelajaran Tutor Teman Sebaya Kelas 8

M. Al Ghani, Fathya Azri

Abstract


Pendidikan jasmani adalah proses pembelajaran melalui aktifitas fisik untuk meningkatkan kebugaran jasmani, mengembangkan keterampilan gerak dan pengetahuan serta perilaku hidp sehat. Hasil belajar siswa materi kayang senam lantai masih rendah, hal ini diketahui dari hasil observasi peneliti saat praktik mengajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar kayang menggunakan metode turor sebaya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilakukan di SMPN 3 Tangerang Salatan  Jl. Ir H. Juanda No.01, Cemp. Putih, Kec. Ciputat Tim., Kota Tangerang Selatan, Penelitian kelas VIII-1 dengan jumlah 48 siswa/siswi , 14 anak putra dan 34 anak putri, teknik penarikan sampel menggunakan total sampling. Instrument penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, dan tes keterampilan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan nilai dari pra siklus rata-rata nilai 76 dan 58% tuntas, meningkat pada siklus 1 nilai rata-rata sebesar 76 dan 79% tuntas, dan siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 76 dan 90% siswa tuntas. Simpulan penelitian ini adalah model pembelajaran tutor sebaya dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi kayang senam lantai

Full Text:

PDF

References


Isnaini, L. M. Y. (2019). Aplikasi Latihan Mental Dalam Pembelajaran Gerak Untuk Meningkatkan Keterampilan Pada Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Jurnal Porkes, 2 (1), 17-25.

Arikunto,Suharsimi dkk. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Samsudin. (2008). Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan SMA. Jakarta: Literal.

Ayu, C. C. M. (2018). Desain dan Media Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan. Caremedia Communication.

Permana, R. (2020). Teori dan Praktik: Pendidikan Jasmani di Perguruan Tinggi (Zulfikar (ed.)). Edu Publisher.

Darmadi. (2017). Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa. Deepublish.

Haryanto. (2012). Dr. Olahraga Mengenalkan Teknik Senam Dasar. PT Balai Pustaka (Persero).

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.

Suryani, Y., Rukmana, A., & Sudirjo, E. (2018). Meningkatkan Pembelajaran Senam Kayang Menggunakan Metode Progresif. SpoRTIVE, 3 (1), 481-490.

Sudjatmiko. (2021). Metode Tutor Sebaya (Peer Tutoring) dalam Pembelajaran di SMK. Penerbit Adab.

Darmadi. (2017). Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa. Deepublish.

Lusiana, & Purnama, Y. (2019). Skills of Penjasorkes Teacher Soft Skills Jepara MTS Working Group of 2019. Journal Of Sport Education (JOPE), 2 (1), 1–9.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ