Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Papan Pintar terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas 2 pada Pelajaran Matematika di SDN Benda Baru 03

Azra Alya Sakinah, Linda Astriani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran papan pintar terhadap pemahaman konsep materi pecahan dalam mata pelajaran Matematika di SDN Benda Baru 03. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan desain eksperimen. Sampel penelitian terdiri dari 74 siswa kelas 2 SDN Benda Baru 03 yang diambil dari kelas II B yang berjumlah 37 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas II C yang berjumlah 37 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes pemahaman konsep matematika materi pecahan, terdiri dari 15 soal yang diberikan sebelum dan sesudah penggunaan media pembelajaran papan pintar. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konsep matematika materi pecahan setelah penerapan media pembelajaran papan pintar. Peningkatan ini dibuktikan dengan nilai rata-rata posttest yang lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata pretest. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penggunaan media pembelajaran papan pintar terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika materi pecahan pada siswa kelas 2 SDN Benda Baru 03.

Full Text:

PDF

References


Ahmad, F. And Mustika, D. (2021) "Problematika Guru Dalam Menerapkan Media Pada Pembelajaran Kelas Rendah Di Sekolah Dasar," Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, 5(4),P. 2008-2014. Diakses Dari: Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V5i4.1056.

Akmal, R., Musa, A. And Ibrahim, A. (2020) "Pengaruh Religiusitas Terhadap Perilaku Etika Bisnis Islam Pedagang Pasar Tradisional Di Kota Banda Aceh," , 1(1),P. 1-21. Diakses Dari: Https://Doi.Org/10.22373/Jose.V1i1.630.

Amri, A, N. Et Al. (2023) "IBM Bagi Guru Taman Kanak-Kanak Pada Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi," , 7(1),P. 765-765. Diakses Dari: Https://Doi.Org/10.31764/Jmm.V7i1.12685.

Ardini, P, J. And Sumardi, S. (2022) "Pengembangan Media Interaktif Software Prezi Pada Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar," , 2(02),P. 258-266. Available At: Https://Doi.Org/10.47709/Educendikia.V2i02.1609.

Astriani, L. (2020). “Pengaruh Pembelajaran Terpadu Model Tersarang (Nested) Terhadap Pemahaman Konsep Keliling Dan Luas Bangun Datar”. Jurnal Perseda: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(2), 63-68. Diakses Dari: Https://Jurnal.Ummi.Ac.Id/Index.Php/Perseda/Article/View/799/529

Dari, W, O. And Taufina, T. (2021) "Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Kelas V Sekolah Dasar (Studi Literatur)," , 4(1),P. 98-98. Diakses Dari: Https://Doi.Org/10.24036/Jippsd.V4i1.109461.

Dewi, O, A, A, G, I. (2021) "Mendiskusikan Hasil Pengujian Hipotesis Penelitian Dalam Penyusunan Disertasi: Sebuah Kajian Teoritis," , 13(1),P. 31-39. Diakses Dari: Https://Doi.Org/10.22225/Kr.13.1.2021.31-39.

Diana, D. (2020) "Pemanfaatan Ict Dalam Pembelajaran Matematika Bagi Anak Usia Dini," State University Of Semarang, 14(1). Diakses Dari: Https://Doi.Org/10.15294/Edukasi.V14i1.963.

Faulina, M. And Andriyani, A. (2020) "Guided Discovery Learning To Improving Triangular Understanding In Blind Student,", 6(2),P. 156-168. Diakses Dari: Https://Doi.Org/10.33654/Math.V6i2.925.

Imron, F., Isnaniah, I. And Imamuddin, M. (2022) "Persepsi Siswa Terhadap Pembelajaran Matematika Yang Dilaksanakan Secara Daring Pada Masa Pandemi Covid -19 Di SMK," Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, 5(2),P. 167-167. Diakses Dari: Https://Doi.Org/10.24014/Juring.V5i2.16635.

Kogoya, W. (2022) "Peran Orangtua Dalam Mendidik Anak Di Gereja Baptis Menehi Sentani," , 2(1). Diakses Dari: Https://Doi.Org/10.59818/Jpi.V2i1.173.

Lestari, Eka Karunia Dan Yudhanegara, Ridwan Muhammad. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.

Makalew, M, M. And Mentang, J, P. (2023) "Implementasi Konsep Pendidikan Ki Hajar Dewantara Di SMP Negeri 1 Bitung," , 1(1). Diakses Dari: Https://Doi.Org/10.59975/Ecce.V1i1.5.

Mardianti, D, A, S., Gembong, S. And Wahyuni, S. (2023) "Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning Dan Media Tangram Pada Mata Pelajaran Matematika Menyusun Berbagai Bangun Datar," Universitas Pasundan, 8(1),P. 1815-1828. Diakses Dari: Https://Doi.Org/10.23969/Jp.V8i1.7713.

Martono, P, E., Solihatun, S. And Prasetyaningtyas, E, W. (2021) "Pengaruh Keterampilan Sosial Terhadap Kepercayaan Diri Siswa Terisolir," , 1(2),P. 167-174. Diakses Dari: Https://Doi.Org/10.30998/Ocim.V1i2.5262.

Nugraha, S, M., Rosdianto, H. And Sulistri, E. (2022) "Korelasi Antara Pemahaman Konsep Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA," , 3(3),P. 29-29. Diakses Dari: Https://Doi.Org/10.22373/P-Jpft.V3i3.14843.

Nuraeni, N. (2014) "Strategi Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini," , 2(2),P. 143-143. Diakses Dari: Https://Doi.Org/10.33394/J-Ps.V2i2.1069.

Nurcholis, A, R. And Istiningsih, G. (2021) "Problematika Dan Solusi Program Literasi Baca-Tulis Siswa Kelas Rendah Di SD Negeri Butuh," , 6(2),P. 189-195. Diakses Dari: Https://Doi.Org/10.29303/Jipp.V6i2.206.

Pradana, Y, R, O., Mashuri, A. And Nirawati, L. (2019) "Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share (TPS) Menggunakan Assessment For Learning Pada Prestasi Siswa Sekolah Menengah Pertama," Universitas Muhammadiyah Semarang, 6(2),P. 34-34. Diakses Dari: Https://Doi.Org/10.26714/Jkpm.6.2.2019.34-40.

Qalam, N, M. (2021) "Kesulitan Guru Agama Dalam Merencanakan Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 Di Madrasah Ibtidaiyah Raudlatussa’adah Pontianak," , 6(2). Diakses Dari: Https://Doi.Org/10.29406/Tbw.V6i2.2782.

Reflina, R. And O.-P., M, I, S, D, F. (2023) "Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Dalam Menyelesaikan Soal Programme For International Student Assessment (PISA)," Universitas Muhammadiyah Semarang, 10(1),P. 11-11. Diakses Dari: Https://Doi.Org/10.26714/Jkpm.10.1.2023.11-20.

Sagrang, R, H., Paendong, M. And Rindengan, A. (2020) "Penerapan Metode SAW (Simple Additive Weighting) Pada Perankingan SMA-SMA Di Kabupaten Minahasa Selatan," , 9(1),P. 16-16. Diakses Dari: Https://Doi.Org/10.35799/Dc.9.1.2020.25730.

Saputri, N, E., Hartatiana, H. And Mabruroh, F. (2022) "Identifikasi Miskonsepsi Siswa Menggunakan Tes Diagnostik 4 Tahap Pada Materi Gerak," , 13(1),P. 8-8. Diakses Dari: Https://Doi.Org/10.12928/Bfi-Jifpa.V13i1.22377.

Suardipa, P, I. And Sedana, M, I. (2022) "Korelasi Pembelajaran Flipped Classroom Dengan Taksonomi Bloom," , 5(1),P. 38-38. Diakses Dari: Https://Doi.Org/10.55115/Bhuwana.V5i1.2057.

Usaifa, R., Sukardjo, M. And Winarsih, M. (2020) "Pengembangan Media Cai (Computer Assisted Instruction) Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Untuk Kelas X Di Sekolah Menengah Kejuruan," , 34(2),P. 137-146. Diakses Dari: Https://Doi.Org/10.21009/Pip.342.8.

Widiyanto, S. (2017) "Peningkatan Reading Comprehension Siswa SD Melalui Penggunaan Media Kamus Bergambar Bahasa Inggris," Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, 1(1),P. 73-78. Diakses Dari: Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V1i1.157.

Wirdati, W. And Sulaiman, S. (2018) "Azas-Azas Pembelajaran Kontekstual Dalam Perspektif Islam," Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Prof. Dr. H. Mahmud Yunus., 21(1),P. 29-29. Diakses Dari: Https://Doi.Org/10.31958/Jt.V21i1.1039.

Zega, S, S., Lase, S. And Mendrofa, N, R. (2022) "Pengaruh Model Pembelajaran Treffinger Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Di SMP Negeri 4 Gunungsitoli," , 1(5),P. 687-702. Diakses Dari: Https://Doi.Org/10.55927/Fjas.V1i5.1356.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ