Menyelaraskan Tubuh dan Pikiran Manfaat Kognitif Memasukan Senam ke Dalam Pendidikan Jasmani Olahraga
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui dan mengidentifikasi manfaat kognitif dari menyelaraskan tubuh dan pikiran melalui integrasi senam di dalam pendidikan jasmani olahraga. Pada penelitian ini, digunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi pustaka untuk menggali data yang diperlukan dengan mengumpulkan ragam referensi seperti artikel, jurnal, buku, situs internet dan lainnya yang relevan dengan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggabungan antara senam dan pendidikan jasmani olahraga memberikan dampak positif pada berbagai aspek kognitif, termasuk konsentrasi, memori dan pemecahan masalah. Relevansi penelitian ini dapat membuka pintu untuk pengembangan metode baru dalam pendidikan jasmani, dengan menekankan pentingnya sebuah harmonisasi tubuh dan pikiran untuk memajukan potensi kognitif siswa. Dengan demikian, implementasi senam ke dalam pendidikan jasmani olahraga dapat mengintegrasikan aktivitas fisik yang terarah bagi siswa Sekolah menengah pertama dalam konteks pendidikan. Penelitian ini berkontribusi untuk mengetahui manfaat kognitif yang signifikan bagi peserta didik.
Full Text:
PDFReferences
Adlini,M.N., Dinda, A. H.,Yulinda, S.,Chotimah,O., &Merliyana, S.J. (2022). MetodePenelitianKualitatifStudiPustaka.Edumaspul:JurnalPendidikan,6(1),974–980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394
Armade, M., Janiarli, M., & Manurizal, L. (2021). Minat Peserta Didik terhadap SenamKebugaranJasmaniIndonesiaBersatu(SKJ2018).GelanggangOlahraga: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga (JPJO), 5(1), 1–8. https://doi.org/10.31539/jpjo.v5i1.1859.
Lismana, O., & Suwarni. (2021). Pengaruh latihan SKJ 2018 terhadap kebugaran jasmanisiswiMadrasahAliyahJa-alHaqdiKotaBengkulu.EducativeSportive, 1(1), 5–10. https://doi.org/10.33258/edusport.v2i01.1373
Listyasari, E., & Wahidah, I. (2022). Pengaruh Senam Kesegaran Jasmani 2018 Indonesia Bersatu Terhadap Penurunan Tekanan Darah Pada Ibu Penderita HipertensiDiKlinikMelatiKecamatanKawaluTasikmalaya.Intelektiva:JurnalEkonomi,So sialDan Humaniora, 3(6), 1–5.m https://www.jurnalintelektiva.com/index.php/jurnal/article/view/696.
Oktaviani,R.,Iqbal,M.,Suherman,I.,&Sya,M.F.(2023). UpayaPeningkatanMinat Baca di SDN Cibalung 02 dengan Program Pojok Baca. https://doi.org/10.30997/ejpm.v4i1.6623
Ingrid Robot, J., Adiputra, I. N., Lesmana, S. I., Sutjana, D. P., Griadhi, I. P. A., & Imron,
M. A. (2019). Penambahan Senam Otak Pada Program Senam Sehat AnakIndonesia(Ssai)DapatMeningkatkanMemoriJangkaPendekDanIndeks Kesegaran Jasmani Siswa Sd Inpres Pondang. Sport and Fitness Journal, 091. https://doi.org/10.24843/spj.2019.v07.i01.p02
Jurnal, J., Olahraga, K., Latif, A., Hizbulloh, S., & Resita, C. (2023). Pengaruh PendidikanJasmaniTerhadapFungsiKognitifdanCapaianBelajarPesertaDidik.1(2),
Darmawan, I. (2019). Upaya Meningkatkan Kebugaran Jasmani Siswa Melalui Penjas.Jip,7(2),143 154. http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/jrnspirasi
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Redaksi Prosiding SEMNASFIP
Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028 Email: fip@umj.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.