Upaya Penggunaan Media Jam dan Mengenal Satuan Waktu pada Pembelajaran Matematika untuk Siswa Kelas 1 di SDN Benda Baru 03

Nabilah Dwi Astuti, Linda Astriani

Abstract


Pembelajaran matematika pada tingkat sekolah dasar memainkan peran penting dalam memperkenalkan konsep-konsep dasar kepada siswa, termasuk pengenalan waktu dan penggunaan jam. Artikel ini membahas penerapan media jam dan pengenalan satuan waktu dalam pembelajaran matematika untuk siswa kelas 1 di SDN Benda Baru 03. Tujuan dari artikel ini adalah untuk menyoroti pentingnya memahami konsep waktu sejak dini dan bagaimana pendekatan ini dapat meningkatkan pemahaman matematika siswa secara keseluruhan. Dengan menggunakan pendekatan interaktif dan melibatkan media visual seperti jam besar, siswa dapat dengan lebih mudah memahami konsep jam, menit, dan hubungan waktu lainnya. Artikel ini juga membahas langkah-langkah praktis dalam mengimplementasikan pembelajaran ini di kelas, serta manfaatnya bagi perkembangan keterampilan hidup dan kognitif siswa. Melalui pendekatan yang sistematis dan terarah, diharapkan artikel ini dapat memberikan panduan yang bermanfaat bagi pendidik untuk meningkatkan pembelajaran matematika di tingkat sekolah dasar.


Full Text:

PDF

References


Falentina, A., Arienda Pradityas, A., Eva, L., & Dian Anggraeni, M. (2024). Pembelajaran Matematika Pada Kurikulum Merdeka Tentang Pengukuran Waktu Di Sekolah Dasar. Elementary Journal, 7(1), 1–16.

Mardianto, D. (2023). Penggunaan Media Kalender Dan Jam Analog Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Tentang Waktu Pada Siswa Kelas III SD Negeri 09 2x11 Enam Lingkung. Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 02(03), 644–653.

Masitoh, I., & Sufyani, P. (2022). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Dan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas V Sekolah Dasar Melalui Pembelajaran Eksploratif. 4, 1–11.

Nahdiyah, F. (2020). Learning By Doing Media Belajar Jam Dinding dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Educreative : Jurnal Pendidikan Kreativitas Anak, 5(2), 190–196. https://doi.org/10.37530/edu.v5i2.88

Wijayanti, I. L. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Jam Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Pengukuran Sudut Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(2), 861–870.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ