Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara dalam Teknik Wawancara Siswa Kelas 5 SDN Benda Baru 03

Mahda Lourenza Nursabella, Linda Astriani

Abstract


Keterampilan berbicara merupakan salah satu indikator kecerdasan seseorang, sehingga perlu dilatih dan dikembangkan sejak dini. Salah satu metode yang dapat diterapkan guru dalam melatih dan mengembangkan keterampilan berbicara siswa adalah dengan teknik wawancara. Penelitian ini bertujuan untuk melihat seberapa besar efektivitas dari penerapan teknik wawancara pada pembelajaran keterampilan berbicara siswa di sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan teknik wawancara dalam keterampilan berbicara kelas 5 SDN Benda Baru 03 terbukti efektif adanya peningkatan keterampilan bicara siswa diindikasi dengan bertambahnya persentase siswa yang bernilai baik dari 31,82% menjadi 59,09%. Metode yang digunakan penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK) terhadap siswa kelas 5 SDN Benda Baru 03. Data-data dalam penelitian ini dianalisis menggunakan teknik analisis kualitatif deskriptif.


Full Text:

PDF

References


Cresswell, J. W. (2012). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Pustaka Pelajar.

Hendrayani, A. (2023). Peningkatan Minat Baca Dan Kemampuan Membaca Peserta Didik Kelas Rendah Melalui Penggunaan Reading Corner. Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE), 4(2), 1. https://doi.org/10.31000/ijoee.v4i2.7017

Nikmah, D. (2020). Analisis Keterampilan Berbicara pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SD Negeri Buluh 2. Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 618–625. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/Prosiding/article/view/1103/419

Rambe, K. (2022). JOTE Volume 4 Nomor 2 Tahun 2022 Halaman 881-889 JOURNAL ON TEACHER EDUCATION Research & Learning in Faculty of Education Pengembangan Modul Bahasa Inggris Tema Covid-19. Journal on Teacher Education, 4, 881–889. https://doi.org/10.31004/jote.v4i2.9493

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Supriyati, I. (2020). Pembelajaran Keterampilan Berbicara Pada Siswa Kelas Viii Mtsn 4 Palu. 5(1). https://core.ac.uk/download/pdf/289713771.pdf


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ