Upaya Model Project Based Learning (PJBL) Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Siswa Kelas 5A SDN

Zahra Kamilah, Linda Astriani

Abstract


Penelitian   ini   bertujuan   untuk mengetahui Pengaruh dari Model pembelajaran berbasis Project Based Learning (PJBL) terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Siswa Kelas 5 di SDN Benda Baru 03. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas sebanyak 39 orang. Dengan menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Pengambilan data berupa tes PG sebanyak 10 soal dan project untuk mengukur pemahaman konsep IPAS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat signifikan dalam hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model PJBL dibandingkan dengan siswa yang diajar menggunakan metode konvensional. Berdasarkan temuan ini, dapat disimpulkan bahwa model PJBL efektif dalam meningkatkan hasil belajar IPAS siswa kelas 5A di SDN Benda Baru 03. 


Full Text:

PDF

References


Angga, A., dkk. 2022. Komparasi Implementasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar Kabupaten Garut. Jurnal Basicedu, 6(4), 5877-5889.

Apriany, W., Widi, E. W., & Muktadir, A. 2020. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V SD Negeri 5 Kota Bengkulu. JP3D (JURNAL PEMBELAJARAN DAN PENGAJARAN PENDIDIKAN DASAR), Vol. 3 No. 1 Hal. 89. Available at: https://ejournal.unib.ac.id/dikdas/article/view/12308/6069

Dewi, A. A., Eka, E. S., Prayito, M., & Prasetiawati, C. 2023. ANALISIS MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK TERHADAP PEMBELAJARAN IPAS DI KELAS 4 SDN PANGGUNG LOR. Inventa: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Vol. 7 No. 1 hal. 80. Available at: https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/jurnal_inventa/article/view/7104/4690

Dyaning, I. W., & Ekantini, A. 2023. Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran IPAS MI/SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, Vol. 08 No. 02 Hal. 2103. Available at: https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/9597/4010

Elyati, E., Idi, A., & Tri, Y. S. 2022. SEKOLAH/MADRASAH SEBAGAI ORGANISASI. Edukasi Islami; Jurnal Pendidikan Islam. Hal. 174. Available at: https://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/ei/article/view/3376

Grace, D. P. 2021. UPAYA PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DAN PERMASALAHANNYA. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 6, No. 1 Hal. 22. Available at: https://jurnaldikbud.kemdikbud.go.id/index.php/jpnk/article/view/1734/543

Minsih. Rusnilawati., & Mujahid, I. 2019. KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MEMBANGUN SEKOLAH BERKUALITAS DI SEKOLAH DASAR. JPPD, Vol. 6, No. 1, Hal. 29. Available at: https://journals.ums.ac.id/index.php/ppd/article/view/8467/4661

Norlena, I. 2015. Sekolah Sebagai Organisasi Formal (Hubungan Antar Struktur). Tarbiyah Islamiyah, Vol. 5 No. 2 Hal. 43. Available at: https://jurnal.uin-antasari.ac.id/index.php/tiftk/article/view/1831

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Sari, R. D. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Konseling, Vol.4 No.6 Hal. 7913. Available at: https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/9498/7322

Puji, V. P., Chrysti K. S., & Rokhmaniyah. 2023. Pengaruh Model Project Based Learning (PJBL)Terhadap Hasil Belajar IPA Tema 9 Benda-Benda di Sekitar Kita Pada Siswa Kelas V SD Se-Gugus Tamansari. Jurnal Ilmiah Kependidikan, Vol. 11 No. 1 Hal. 107. Available at: https://jurnal.uns.ac.id/jkc/article/view/63699/39901

Sinta, M., Sakdiah, H., Novita, N., Wahdi, F.G., & Syafrizal. 2022. Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Hukum Gravitasi Newton di MAS Jabal Nur. Jurnal Phi, Vol. 8, No. 1, Hal 25. Available at: https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/jurnalphi/article/view/14546/pdf

Sukarya, P. S. (dkk). 2017. KONSEP INTERAKSI EDUKATIF DALAM PENDIDIKAN ISLAM (PERSEPTIF AL-QUR’AN). Jurnal Pendidikan Dan Kependidikan Vol. 2 No. 4 Hal 38. Available at: https://media.neliti.com/media/publications/116974-ID-konsep-interaksi-edukatif-dalam-pendidik.pdf

Taula, R. S., & Angreni, S. 2018. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) UPAYA PENINGKATAN KREATIVITAS MAHASISWA. Jurnal Varia Pendidikan, Vol. 30, No. 1, hal. 79-80. Available at: file:///C:/Users/USER/Downloads/6548-15591-1-SM%20(1).pdf

Tri, G. R., & Prastowo, A. 2023. Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Dan Sosial Di Kelas IV Sekolah Dasar Dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, Volume 13 No. 1 Hal. 18. Available at: https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/elementary/article/view/41424/21014

Yulias, D. R., Putri, A. W., Sukadari., & Desy, A. R. 2023. Implementasi Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran IPASSekolah Dasar. JURNALBASICEDU, Vol. 7 No. 5 hal. 2874. Available at: https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/5766/3001


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ