Penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik Potong dan Tempel Sebagai Media Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas I Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia

Yazmin Sukma Ansaria, Sholehuddin Sholehuddin, Rita Komalasari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan lembar kerja peserta didik potong dan tempel menggunakan metode pembelajaran project based learning pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 1 di SD Negeri Pamulang Timur 02. Pada penelitian kali ini peneliti menggunakan metode penelitian Stringer. Tahapan penelitian tindakan menurut Stringer,

E.T berupa siklus yang terdiri dari tiga aspek yaitu look (melihat), think (berpikir) dan act (berbuat). Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 1 yang terdiri dari 3 kelas, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas 1B sebagai kelas eksperimen yang diajarkan dengan metode project based learning dan siswa-siswi yang berjumlah 34 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan observasi sebelum penelitian, angket, dan dokumentasi. Terdapat pengaruh dan hasil belajar yang signifikan setelah diterapkannya penggunaan lembar kerja peserta didik potong dan tempel pada mata pelajaran Bahasa Indonesia terkhusus materi suku kata di kelas 1B SD Negeri Pamulang Timur 02.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. Malik, A. dan Chusni, M. (2018). Pengantar Statistika Pendidikan Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Deepublish.

Purwanto. (2007). Instrumen Penelitian Sosial dan Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Siregar, S. (2013). Statistik Parameter Untuk Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi dengan Perhitungan Manual dan Aplikasi SPSS Versi 17. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta .

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta .

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta .

Sukmadinata, N.S. (2005). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Temaja Rosdakarya.

Trianto. (2011). Pengantar Penelitian Pendidikan bagi Pengembangan Profesi Pendidikan dan Tenaga Kependidikan. Jakarta: Kencana


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ