Upaya Peningkatan Belajar Siswa pada Pelajaran PKN Materi Lambang Pancasila Melalui Metode Tanya Jawab Menggunakan Media Gambar

Dellia Mila Shopia, Sholehuddin Sholehuddin, Nidratun Naimi, Sri Romlah

Abstract


Dalam Undang-Undang RI No.20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas (Sistem Pendidikan Nasional) pasal 37 ditegaskan bahwa mata pelajaran PKN merupakan salah satu mata pelajaran wajib bagi siswa pada jenjang pendidikan dasar dan menengah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penggunaan Media Gambar Simbol Pancasila dan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik mengenal simbol pada lambang pancasila pada siswa kelas II SD Negeri Pamulang Timur 02 Tahun Ajaran 2024/2025. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan dalam 2 siklus dengan 3 kali pertemuan tiap siklusnya dengan jumlah siswa sebanyak 34 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan tes lisan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif dengan model analisis interaktif yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman melalui tiga tahap yaitu reduksi data, beberan (display) data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pra tindakan persentase ketuntasan siswa baru mencapai 23%, setelah dilaksanakan tindakan pada siklus I persentase ketuntasan siswa meningkat menjadi 55%, pada siklus II meningkat menjadi 77% sehingga peneliti tidak melanjutkan ke siklus III. Sehingga dapat disimpulkan bahwa implementasi metode tanya jawab menggunakan media gambar pada pelajaran PKN materi lambang Pancasila dapat meningkatkan semangat belajar dan kemampuan peserta didik mengenal simbol pada lambang pancasila.


Full Text:

PDF

References


Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Makasar : CV Syakir. Media Press.

Adi, E. P. (2023). Penggunaan Metode Diskusi Berbasis Media Gambar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Celebes Journal of Elementary Education, 1(1), 14-20.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, S. B. & Zain. A. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Japar, M., Irawaty, I., Syarifa, S., & Fadhillah, D. N. (2020). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis ICT Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru PPKn SMP. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 4(2), 264-269.

Julfian, J., Rejeki, S., Handayani, S., Sarilan, S., Rizki, A. N., & Lasmi, L. (2023). Peranan Pendidikan Kewarganegaraan dalam Membentuk Rasa Cinta Tanah Air pada Siswa. Jurnal Keilmuan dan Keislaman, 210-224.

Kanda, A. S., & Rustini, R. (2024). Implementasi Pembelajaran Aktif Dalam Meningkatkan Motivasi Siswa Pada Pembelajaran di MA Nurul Iman. Jurnal Ilmiah Research Student, 1(3), 566-579.

Kunandar. (2008). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas sebagai pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Rajawali Press.

Magdalena, I., Haq, A. S., & Ramdhan, F. (2020). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar Negri Bojong 3 Pinang. BINTANG, 2(3), 418-430.

Munthe, A. F., Harahap, M. J., & Fajri, Y. (2023). Tujuan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Ami Jurnal Pendidikan Dan Riset, 1(1), 29-40.

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911-7915.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Sutrisno, S., Wardah, W., Panjaitan, M., Marlina, S., Manurung, A. K. R., Sinaga, M.,

... & Abidin, Z. (2023). Media Pembelajaran: Konsep Dan Aplikasi. Sukoharjo: Penerbit Tahta Media.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ