Peran Guru Olahraga dalam Mendorong Partisipasi Minat Siswa dalam Olahraga dan Aktivitas Fisik disekolah SMP Muhammadiyah Al Mujahidin

Muhammad Fadli Alfajri, Muhammad Sofian Hadi

Abstract


Guru olahraga memiliki peran penting dalam mendorong partisipasi siswa di sekolah SMP Muhammadiyah Al Mujahidin, Playen Gunung kidul Yogyakarta, dalam kegiatan olahraga dan aktivitas fisik. ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran kritis yang dimainkan oleh guru olahraga dalam menciptakan lingkungan yang mendukung, memotivasi, dan melibatkan siswa SMP Muhammadiyah Al Mujahidin dalam berbagai jenis olahraga dan aktivitas fisik. Melalui pendekatan yang holistik, penelitian ini menguraikan strategi dan metode yang dapat digunakan oleh guru olahraga untuk mempromosikan kesehatan fisik, keterampilan motorik, dan kesejahteraan mental siswa. Selain itu, penelitian ini juga membahas tantangan yang dihadapi oleh guru olahraga dalam menginspirasi partisipasi siswa dari berbagai latar belakang dan minat olahraga yang beragam. Dengan pemahaman yang lebih baik tentang peran guru olahraga, diharapkan sekolah dapat menciptakan lingkungan yang inklusif dan memberdayakan siswa untuk menjadikan olahraga dan aktivitas fisik sebagai bagian integral dari gaya hidup sehat mereka. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran guru olahraga dalam melaksanakan pembelajaran untuk mengetahui minat bakat siswa.

Full Text:

PDF

References


Agus S. Suryobroto. (2004). Sarana dan Prasarana Pendidikan Jasmani: Universitas Negeri Yogyakarta:Fakultas Ilmu Keolahragaan.

Ali, Mohammad dan Mohammad Asrori. 2013, Metodologi dan Aplikasi Riset Pendidikan.

Jakarta: Bumi Aksara.

Al Fuad, Zaki dan Zuraini Z. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar Siswa Kelas I SDN 7 Kute Panang. Tunas Bangsa Vol.III. No.2

Anwar, Hairil. (2018) Survei Minat Belajar Mata Pelajaran Olahraga Dengan Mata Pelajaran Matematika Terhadap Siswa SMP Negeri Satap Palangka Kecamatan Sinjai Selatan. Tesis. Pascasarjana. Universitas Negeri Makassar. Makassar. Dini Rosdiani. (2013). Perencanaan Pembelajaran dalam Pendidikan Jasmani dan kesehatan. Bandung: Alfabeta

Djaali. (2008). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

KBBI, (2004). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

Ihsana, (2017). Belajar dan Pembelajaran.Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Narimawati, Umi. (2008). “Metodologi Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif, Teori Dan Aplikasi.” Bandung: Agung Media 9.

Safari. 2003. Indikator Minat Belajar. Jakarta. Rineka Cipta

Saudagar, Fachruddin; Ali Idrus. 2009. Pengembangan Profesionalitas Guru. Jakarta: Gaung Persada Press.

Sugihartono, dkk. (2015). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet

Syaiful Bahri dan Zain, Aswan. 2014. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta. Syah, M. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Press.

Undang-Undang RI Nomor 20 pasal 37 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Undang-Undang RI Nomor 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ