Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (Stad) dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas 4 SDN Pamulang Timur 02

Hodijah Safitri, Sholehuddin Sholehuddin

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian Kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan model Student Teams Achievement Division (STAD). Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 4 SDN Pamulang Timur 02. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 4 SDN Pamulang Timur 02. Pengumpulan data yang didapatkan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian dalam artikel ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran STAD dalam mata pelajaran matematika sudah dilaksanakan dengan benar dan baik. Model STAD memiliki 6 langkah yaitu: Menyampaikan tujuan pembelajaran dan memotivasi siswa, menyajikan informasi, mengorganisasikan siswa dalam bentuk kelompok, membimbing kelompok kerja dan belajar, evaluasi dan memberikan penghargaan. Dampak dari pembelajaran ini dapat dilihat saat proses pembelajaran berlangsung, yaitu dengan melihat antara guru dan siswa sudah menerapkan 6 langkah model pembelajaran tersebut dengan benar, sehingga proses pembelajaran berjalan dengan baik, interaksi antara siswa dan guru atau siswa dengan siswa juga terlihat baik dan siswa dapat berinteraksi secara berkelompok.


Full Text:

PDF

References


Ekawarna. (2013) Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Referensi (GP Press Group)

Ekawarna. (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara

Hamalik. O. (2013). Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT R Remaja Rosda Karya

Ira puspita. (2017). Pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe student. Surabaya

Moleong. 2011. Metode Penelitian Kualitatif. Jogjakarta. gundukusuman

Nurdyansyah & fahyuni. (2016). Inovasi Model Pembelajaran Sidoarjo: Nizamia Learning Center

Rusman. 2014. Model-model Pembelajaran. Jakarta :Rajawali Pers

Slavin, R.E. (2016). Cooperative Learning Teori, Riset Dan Praktik. Bandung:nusa media

Sugiyono, (2017). Metode Penelitian Kualitatif, dan R&D. Bandung : CV Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian, Kualitatif dan R&D. Bandung: Yogyakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ