Penerapan Metode Drill untuk Meningkatkan Passing Bawah terhadap Keterampilan Bermain Bola Volly di SMP Muhammadiyah Al-Mujahidin

Jidan Muhamad Fadillah, Muhammad Sofian Hadi

Abstract


Hasil dari Meningkatkan metode drill Passing Bawah Terhadap Keterampilan menunjukkan pada peserta didik putra – putri di SMP Muhammadiyah Al – Mujahidin sangat signifikan dalam Pengembangan metode drill passing bawah ini dilakukan secara berulang-ulang dan berkelompok di setiap latihan passing bawah yang sudah dimodifikasi supaya peserta didik lebih mudah dalam mempelajarinya dilapangangan. Setiap metode drill passing bawah disajikan dengan bentuk yang sama tetapi dengan langkah yang berbeda-beda di setiap model latihan. Dengan demikian model latihan yang bervariatif dan diharapkan bisa tercapai tujuan dari latihan yang telah direncanakan. Berdasarkan kenyataan di lapangan bahwa kemampuan passing bawah SMP Muhammadiyah Al – Mujahidin. Yakni mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM), dari 25 siswa hanya 20 orang yang bisa meningkatkan ketermpilan metode dirll passing bawah. Hal ini dibuktikan dengan banyak diantara peserta didik sudah mampu melakukan passing bawah secara sempurna. Hal ini tergantung pada inisiatif dari siswa itu sendiri, sedangkan guru bertugas mengarahkan penguasaan gerak.

Full Text:

PDF

References


Alwijaya, M. E. (2018). Penerapan Metode Drill untuk Meningkatkan Hasil Belajar Passing Bawah Bola Voli Siswa Kelas VII A SMP Negeri 2 Batukliang Tahun Pelajaran 2016/2017. JIME: Jurnal Ilmiah

Mandala, 4(2), 172–184. https://doi.org/10.36312/jime.v4i2.472

Astuningtias, K. I., & Appulembang, O. D. (2017). Penerapan Metode Drill untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas IX Materi Statistika di SMP Kristen Rantepao. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 1(1), 53. https://doi.org/10.19166/johme.v1i1.718

Astuti, Y. (2017). Pengaruh Metode Drill dan Metode Bermain terhadap Keterampilan Bermain Bola Voli Mini (Studi Eksperimen pada Siswa SD Negeri 14 Kampung Jambak Kecamatan Koto Tangah Kota Padang). AL IBTIDA: Jurnal Pendidikan Guru MI, 4(1), 1–16. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v4i1.1276

Daryono, & Almy, M. A. (2021). Peningkatan Keterampilan Bermain Bolavoli Mahasiswa melalui Latihan Gaya Self Check. Halaman Olahraga Nusantara, 4(1), 89–99. https://doi.org/10.31851/hon.v4i1.5101

Defrizal, & Suharjana. (2019). Latihan Drill sebagai Metode Efektif untuk meningkatkan Umpan Bawah pada Bola Voli di Sekolah Dasar [Drill Training as Effective Methods on Increasing Under-Passing Ability of Elementary School Volleyball]. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 8(2), 157–171. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v8i2.1927

Erdiyanti, Y. P., & Febriyanto, B. D. (2019). Bimbingan Belajar untuk Meningkatkan Motivasi Berprestasi Atlet Bola Voli O2sn Kabupaten Majalengka. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 5(1), 19–26. https://doi.org/10.31949/educatio.v5i1.10

Erliana, M. (2014). Pengaruh Pembelajaran Model Bermain terhadap Keterampilan Passing Bawah Bola Voli Mini. Jurnal Multilateral, 13(1), 53–62. https://doi.org/10.20527/multilateral.v13i1.2462.g2163

Fajar, M. (2020). Survei Kemampuan Teknik Dasar Bulutangkis Siswa Peserta Ekstrakurikuler SMA Patra Mandiri 1 Plaju. Halaman Olahraga Nusantara (Jurnal Ilmu Keolahragaan), 3(1), 90–101. https://doi.org/10.31851/hon.v3i1.3740

Fauziyyah, B. S., & Silfia. (2020). Pertumbuhan Kreativitas Siswa melalui Program Ekstrakulikuler di Sekolah Dasar. Fondatia: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 35–40. https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.512

Gazali, N. (2016). Kontribusi Kekuatan Otot Lengan tehadap Kemampuan Servis Atas Atlet Bolavoli. Journal of Physical Education, Health and Sport, 3(1), 1–6. https://doi.org/10.15294/jpehs.v3i1.6496

Hamdayama, J. (2016). Metodologi pengajaran. Jakarta, Indonesia: Bumi Aksara.

Hanief, Y. N., & Sugito, S. (2015). Membentuk Gerak Dasar pada Siswa Sekolah Dasar melalui Permainan Tradisional. Jurnal Penelitian Pembelajaran, 1(1), 100–113. https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v1i1.575

Irwanto, E. (2017). Pengaruh Metode Resiprokal dan Latihan Drill terhadap Peningkatan Keterampilan

Teknik Dasar Bolavoli. Jurnal Pendidikan Olahraga, 6(1).

Jessicasari, A., & Hartati, S. C. Y. (2014). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua dan Lingkungan Sekolah terhadap Kedisiplinan Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 2(3), 661–666.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ