Pengaruh Metode PJBL Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Satuan Waktu Di SDN Pamulang Timur 02

Niswah Zahrotul Jannah, Sholehuddin Sholehuddin

Abstract


Pada kelas 3A SDN Pamulang Timur 02, pembelajaran Matematika masih terfokus pada peran guru dan kurang melibatkan partisipasi aktif siswa. Akibatnya, sebagian siswa belum mencapai KKM yang telah ditetapkan. Untuk mengatasi masalah ini, penulis melakukan penelitian dengan menerapkan metode PJBL. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi peningkatan hasil belajar siswa pada materi penjumlahan pecahan dengan menggunakan metode pembelajaran tersebut. Selain itu, ketuntasan belajar siswa juga mengalami peningkatan signifikan. Pembelajaran ini juga berdampak positif pada aktivitas siswa dan guru. Harapannya, hasil penelitian ini akan memberikan manfaat bagi siswa, orang tua, guru, sekolah, dan peneliti selanjutnya.  

Full Text:

PDF

References


Fathurrohman, M. (2016). Model-model Pembelajaran Inovatif. Ar-ruzz Media.

Irawati, Ilfa, Nasruddin, M. (2021). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Pijar MIPA, 16(1), 44-48.

Kusriani, I., & dkk. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Satuan Waktu Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Media Papan Waktu Pada Siswa Kelas II SDN Kembangsari 01. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, Vol. 1, No. 5.

Mayaratih, M., Sukamto, S., & Wijayanti, A. (2023). Keefektifan Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Muatan Pelajaran Matematika Materi Satuan Waktu di Kelas III SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 11478-11484.

Muhaimin, Adi, F., & dkk. (2022). Keefektifan Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Materi Satuan Waktu Pada Siswa Kelas II Semester II SD N 2 Sumbersari. Jurnal Pendidikan Dan Profesi Pendidik, Vol. 8.

Mujiburrahman, & dkk. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning di Era Kurikulum Merdeka. COMMUNITY. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol. 2, No. 2.

Nuraeni, M. (2022). Guru Dalam Penerapan Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini. Intan Cendekia (Jurnal Pengabdian Masyarakat), V.3/1 H. 21-30.

Nurbaiti. (2021). Pengaruh Penggunaan Metode Tanya Jawab Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran SKI di MTsN 1 Lampung Timur Tahun Pelajaran 2020/2021. Lampung: IAIN Metro.

Nurhasanah, Siti, A., & Sobandi. (2016). Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, V. 1/1, H. 128-135.

Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Merdeka Belajar dalam Menyambut Era Masyarakat 5.0: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, Diselenggarakan oleh Pascasarjana, UNG (hal. 289-302). Gorontalo: Universitas Negeri Gorontalo.

Rajagukguk, N. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Materi Satuan Waktu Melalui Penerapan Metode Make A Match. Journal on Education, 4(1), 38-49.

Rani, H. (2021). Penerapan Metode Project Based Learning Pada Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dalam Meningkatkan Motivasi Belajar. Refleksi, Vol. 10, No. 2.

Saputri, A. Ningrum, A.D.S. Krisandi, & M. Sarwi. (2022). Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Pada Materi Satuan Waktu Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Siswa Kelas III SD Negeri Cinyawang 02 Semester 2 Tahun Pelajaran 2020/2021. Educatif: Journal of Education Research, 4(1), 59-64.

Setiawati, S. (2018). Telaah Teritis: Apa Itu Belajar? Helper, Vol. 35, No. 1, 31.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ