Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Game Tournament (TGT) Dalam Pembelajaran IPAS Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Lintang Ariningtyas, Sholehuddin Sholehuddin

Abstract


Salah satu masalah dalam pendidikan saat ini adalah rendahnya kualitas hasil belajar siswa, dapat dilihat dari prestasi mereka. Tugas seorang pendidik yaitu meningkatkan kualitas, kreativitas, dan mengembangkan potensi yang dimiliki peserta didik. Salah satu cara untuk meningkatkan kualitas pendidikan yaitu guru mampu mendidik siswa agar terlibat aktif atau merangsang pikiran siswa secara mendalam untuk memecahkan suatu masalah terkait materi pembelajaran.Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus. Model Stephen Kemmis dan Robyn McTaggart terdiri dari empat tahap: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dipilih karena sesuai dengan tujuan penelitian yaitu ingin mengetahui keberhasilan dalam proses pembelajaran di kelas, peneliti bertindak sebagai guru kelas yang akan meneliti pembelajaran mengenai hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS. Berdasarkan hasil penelitian siklus I, ketuntasan hasil belajar peserta didik belum mencapai target peneliti yaitu 80%. Hasil Belajar peserta didik yang mencapai KKM hanya 65,5%. Pada siklus II hasil Ketuntasan belajar siswa naik secara signifikan dimana hasil meningkat 24,4% dari hasil siklus I yaitu menjadi 89.7%. setelah melalui rangkaian penelitian mengenai upaya peningkatan hasil belajar peserta didik dalam pelajaran IPAS. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan yang dilakukan dari penelitian tindakan kelas dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Teams Game Tournament (TGT) pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Pamulang Timur 02. Penerapan model pembelajaran tersebut berdampak positif terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran IPAS.


Full Text:

PDF

References


Alawiyah, A., Sukron, J., & Firdaus, M. A. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Times Games Tournament untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Fitrah: Journal of Islamic Education, 4(1), 69–82. https://doi.org/10.53802/fitrah.v4i1.188

Ani Widayati, 2018. (2008). Staf Pengajar Jurusan Pendidikan Akuntansi – Universitas Negeri Yogyakarta 87. JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI INDONESIA Vol. VI No. 1 – Tahun 2008 Hal. 87 - 93 PENELITIAN, VI(1), 87–93.

Durrotunnisa, & Nur, H. R. (2020). Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik dengan Model Kooperatif Tipe TGT di Kelas III SD Negeri 18 Langgini Bangkinang. Jurnal Basicedu, 5(5), 3(2), 524–532. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971

Fauziyah, N. E. H., & Anugraheni, I. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 850–860. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.459

Handayani, V., Wardana, L. A., Jannah, F., & Marga, U. P. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT ( Teams Gemes Tournament ) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran PPKN Di Kelas V SDN Pajurangan. 4, 6578–6585.

Hasan, M. S., & Aziz, A. (2023). Kontribusi Pendidikan Islam dalam Pengembangan Sosial Emosional Peserta Didik di MTs Salafiyah Syafiiyah Tebuireng Jombang. Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan, 3(2), 143–159. https://doi.org/10.54437/irsyaduna.v3i2.1124

Misraim Didemus Lakapu. (2023). Penerapan Metode Kooperatif Model Tgt (Team Games Tournament) Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Materi Sistem Peredaran Darah Pada Siswa Kelas Xi Sman Negeri Banat Tahun Pelajaran 2022/2023. Journal of Innovation Research and Knowledge, 2(10), 3809–3822. https://doi.org/10.53625/jirk.v2i10.5225

Nurhayati, Egok, A. S., & Aswarliansyah. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT pada Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 9118–9126.

Rosiyani, A. I., Aqilah Salamah, Lestari, C. A., Anggraini, S., & Ab, W. (2024). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Ipas Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(3), 10. https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i3.271

Saragih, E., & Wedyawati, N. (2019). Penerapan Model Pembelajaran TGT Untuk Peningkatan Hasil Belajar Materi Bilangan Romawi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Riemann: Research of Mathematics and Mathematics Education, 1(1), 14–24. https://doi.org/10.38114/riemann.v1i1.10


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ