Analisis Faktor Kemampuan Pemahaman Membaca Pada Kelas V Sekolah Dasar

Sofie Lady Rahmadhani, Sholehuddin Sholehuddin

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui permasalahan kemampuan pemahaman membaca pada siswa kelas V Sekolah Dasar. Metode penelitian ini yakni penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data yakni lembar pedoman wawancara, observasi, dan dokumentasi . Subjek penelitian adalah peserta didik kelas V sebanyak 1 orang. Hasil penelitian menunjukan terdapat tiga permasalahan pada pemahaman membaca siswa kelas V Sekolah Dasar, antara lain: Pemahaman membaca teks bacaan yang rendah; penggunaan strategi atau metode pembelajaran yang kurang efektif dan menarik minat baca siswa; dan siswa belum mampu menarik kesimpulan teks bacaan.

Full Text:

PDF

References


Ambartita, R. S. (2021). Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman Pada Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2336-2344.

Dewi, F. C. (2020). Pengaruh Lingkungan Sekolah dan Peran Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper), 5(1), 1-13.

Lena, I. A. (2020). Analisis Minat dan Bakat Peserta Didik Terhadap Pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 7(1), 23-28.

Muzzamil, F. (2021). Pengaruh Lingkungan Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak. MURANGKALIH: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2).

Palittin, I. D. (2019). Hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar siswa. Magistra: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 6(2), 101-109.

Sarika, R. (2021). Analisis kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V di SD Negeri 1 Sukagalih. CaXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(2), 49-56.

Yadika, A. D. (2019). Pengaruh Stunting Terhadap Perkembangan Kognitif dan Prestasi Belajar. Jurnal Majority, 8(2), 273-282.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ