Analisis Faktor Kemampuan Pemahaman Membaca Pada Kelas V Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui permasalahan kemampuan pemahaman membaca pada siswa kelas V Sekolah Dasar. Metode penelitian ini yakni penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data yakni lembar pedoman wawancara, observasi, dan dokumentasi . Subjek penelitian adalah peserta didik kelas V sebanyak 1 orang. Hasil penelitian menunjukan terdapat tiga permasalahan pada pemahaman membaca siswa kelas V Sekolah Dasar, antara lain: Pemahaman membaca teks bacaan yang rendah; penggunaan strategi atau metode pembelajaran yang kurang efektif dan menarik minat baca siswa; dan siswa belum mampu menarik kesimpulan teks bacaan.References
Ambartita, R. S. (2021). Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman Pada Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2336-2344.
Dewi, F. C. (2020). Pengaruh Lingkungan Sekolah dan Peran Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper), 5(1), 1-13.
Lena, I. A. (2020). Analisis Minat dan Bakat Peserta Didik Terhadap Pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 7(1), 23-28.
Muzzamil, F. (2021). Pengaruh Lingkungan Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak. MURANGKALIH: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2).
Palittin, I. D. (2019). Hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar siswa. Magistra: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 6(2), 101-109.
Sarika, R. (2021). Analisis kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V di SD Negeri 1 Sukagalih. CaXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(2), 49-56.
Yadika, A. D. (2019). Pengaruh Stunting Terhadap Perkembangan Kognitif dan Prestasi Belajar. Jurnal Majority, 8(2), 273-282.