Implementasi Media Realia Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila di Kelas I SDN Pamulang Timur 02

Dhefita Ngabehi Putri, Sholehuddin Sholehuddin, Amriti Amriti

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas 1C di SDN Pamulang Timur 02 melalui pengimplementasian media realia dalam proses belajar untuk materi Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila, dan mengevaluasi dampaknya terhadap siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif dengan dua siklus pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 1C SDN Pamulang Timur 02 yang berjumlah 35 siswa. Data dikumpulkan melalui observasi, tes, dan dokumentasi, serta dianalisis guna mengevaluasi efektivitas penggunaan media realia. Pada tahap pra-siklus, ditemukan rendahnya pemahaman siswa terhadap materi Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila. Siklus pertama menunjukkan peningkatan, meskipun terdapat kendala yang dijumpai seperti siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran. Pada siklus kedua, peningkatan signifikan dapat dilihat dalam pemahaman siswa, dengan sebagian besar mencapai tingkat pencapaian yang baik hingga sangat baik. 


Full Text:

PDF

References


Faizin, F. (2023). Peningkatan Motivasi Belajar Muatan IPA Melalui Penggunaan Media Realia pada Siswa Kelas V SD Negeri Kedai Runding. Jurnal Bima: Pusat Publikasi Ilmu Pendidikan Bahasa dan Sastra, 1(2), 103-113. https://doi.org/10.61132/bima.v1i2.643.

Mujiati, T. (2022). Penggunaan Media Realia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pecahan Di Kelas IIIA SDN Kertajaya IV/210 Surabaya. Jurnal Simki Pedagogia, 5(1), 1-8. https://doi.org/10.29407/jsp.v5i1.96

Nisrina Huwaida, A., Magdalena, I., & Huilatunisa, Y. (2023). PENGARUH MEDIA REALIA TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(04), 32 - 42. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i04.1594

Pujilestari, Y., & Susila, A.(2020). Pemanfaatan Media Visual dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jurnal Ilmiah Mimbar Demokrasi,19(2), 40-47.DOI: 10.21009/jimd.v19i02.14334

Susilowati, A. Y., Sayekti, I. C., & Eryani, R. (2021). Penerapan Media Realia untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2090–2096. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1160


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ