Mengintegrasikan Media Wordwall dalam Pembelajaran Sistem Tata Surya Guna Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Peserta Didik di Kelas 6 SDN Serua 01 Kec. Ciputat, Kota Tangerang Selatan

Adinda Herlia Putri, Venni Herli Sundi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas penggunaan media Wordwall dalam meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas 6 SDN Serua 01 Tangerang Selatan pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) khususnya materi sistem tata surya. Pendidikan di era Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0 memerlukan pendekatan baru yang dapat menghasilkan lulusan dengan keterampilan abad ke-21. Pembelajaran yang efektif memerlukan keterlibatan aktif siswa dan penggunaan media yang menyenangkan. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek 34 siswa kelas 6A, melalui siklus pra-siklus, siklus 1, dan siklus 2. Data dikumpulkan melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Wordwall meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa dari 55,88% pada pra-siklus menjadi 67,65% pada siklus 1, dan 91,18% pada siklus 2. Peningkatan ini mencerminkan bahwa media Wordwall efektif dalam memfasilitasi pemahaman siswa terhadap konsep sistem tata surya, menjadikan pembelajaran lebih interaktif dan menyenangkan.

Full Text:

PDF

References


Abduh, Muhammad. (2022). Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Dengan Menggunakan Media Daring Wordwall pada Siswa Kelas 7 SMPIT Insan Mandiri Bekasi Jawa Barat. Jurnal Pemikiran & Pengembangan Pembelajaran. Vol 4 (2). https://www.ejournal-jp3.com/index.php/Pendidikan/article/view/390

Amilia Putri, Widyowati. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Menggunakan Media Wordwall Untuk Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik SD Pada Pelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri , 09, 4033–4044. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.1243

Purnamasari, Sulfi. (2022). Bermain Bersama Pengetahuan Peserta Didik Melalui Media Pembelajaran Berbasis Game Online WordWall. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3, 70–77. https://www.academia.edu/download/87673115/490647035.pdf

Luthfi Fadhillah. (2022). Penggunaan Aplikasi Wordwall untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Sistem Hukum dan Peradilan di Indonesia. Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan dan Pembelajaran, Vol. 2 No. 1, 22 – 28. https://doi.org/10.56393/pijar.v2i1.1127

Rochiati Wiraatmadja, Metode Penelitian Tindakan Kelas, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya,2008), hal.66.

Suharsimi Arikunto, (dkk), Penelitian Tindakan Kelas, (Jakarta: Bumi Aksara,2008), hal.3

Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Tindakan Praktik, (Jakarta: PT Rineka Cipta, 2010), cet. XIV, hal.107.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ