Upaya Meningkatkan Minat Membaca Pada Anak SD Kelas 2 Melalui Media Flashcard di UPTD SD Negeri Serua 01

Fakhira Maulida Salsabila Salsabila, Venni Herli Sundi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mencari alternatif upaya meningkatkan minat membaca siswa kelas II melalui media Flash Card di UPTD SD Negeri Serua 01. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SD Negeri Serua 01 yang berjumlah 31 orang. Menumbuhkan minat membaca berperan penting sebagai bentuk dasar dalam pembentukan karakter pada anak. Salah satu kelas yang memiliki minat membaca pasif adalah kelas II di UPTD SD Negeri Serua 01. Data penelitian ini diperoleh dari hasil observasi. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitin kualitatif dengan dengan pendekatan observasi, studi literatur analisis kasus dan dokumentasi. Flash Card dengan gambar yang menarik dan penggunaan yang praktis dapat membuat pembelajaran menjadi lebih menarik dan memudahkan pembelajaran membaca. Dengan demikian, media flash card dapat menjadi salah satu cara yang efektif untuk meningkatkan minat membaca pada kelas II SD. Kegiatan membaca menggunakan Flash Card menjadi salah satu media siswa yang dapat membantu siswa untuk meningkatkan minat membaca dan lebih mudah mengenal suatu huruf dengan mudah dan tidak membuat jenuh. Pengambilan data pada penelitian ini menggunakan dokumentasi, observasi dan studi literatur. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan media Flash Card dapat membantu siswa agar lebih mudah dalam menyusun, mengenal dan membaca huruf kata kerja dan kata benda yang diberikan oleh guru. Data dikumpulkan dengan menggunakan observasi dan tes membaca. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media Flash Card dapat meningkatkan minat membaca siswa kelas II, media flashcard dengan gambar yang menarik dan penggunaan yang praktis dapat membuat proses pembelajaran menjadi lebih menarik dan memudahkan pembelajaran membaca. Dengan demikian, media Flash Card dapat menjadi salah satu cara yang efektif untuk meningkatkan minat membaca pada kelas II SD.

Full Text:

PDF

References


Elendiana, M. (2020). Upaya meningkatkan minat baca siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 54-60.

Hoerudin, C. W. (2023). Penerapan Media Flash Card Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa. Jurnal Primary Edu, 1(2), 235-245.

Musyadad, V. F., Supriatna, A., & Gosiah, N. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Dengan Menggunakan Media Flash Card Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas III SDN Kertamukti. Jurnal Tahsinia, 2(1), 85-96.

SARI, P. M., & APRILIA, N. (2023). Upaya Peningkatan Keterampilan Membaca Melalui Model Problem Based Learning (Pbl) Berbantu Media Flash Card Pada Sekolah Dasar Kelas 1a Muhamadiyah Pakel. STRATEGY: Jurnal Inovasi Strategi dan Model Pembelajaran, 3(1), 105-112.

Yunita, S. P. (2022). Implementasi Media Flash Card Dalam Upaya Mengembangkan Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini Kelompok B Di RA Nurul Haq Prambatan Kidul Kaliwungu Kudus Tahun Pelajaran 2021/2022 (Doctoral dissertation, IAIN KUDUS).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ