Evektivitas Penggunaan Media Cardboard Math dalam Meningkatkan Kemampuan Perkalian 6 ke Atas Siswa Kelas II SD

Fathia Maharani, Venni Herli Sundi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat sejauh mana efektivitas penggunaan media pembelajaran Cardboard Math dalam meningkatkan kemampuan perkalian bilangan 6 keatas siswa kelas II SD. Dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Data penelitian ini di ambil dari observasi dan dokumentasi. Melalui kegiatan implementasi penggunaan media pembelajaran Cardboard Math ini membuat kegiatan belajar mengajar menjadi lebih efektif dan efisien serta dapat menjalin hubungan yang baik antara guru dan peserta didik. Karena media pembelajaran ini sangat berguna untuk mengatasi kebosanan ketika belajar dan dapat menumbuhkan minat belajar peserta didik dalam belajar di kelas. Hasil yang didapatkan melalui penelitian ini antara lain, media pembelajaran Cardboard Math memberikan dampak yang positif yaitu meningkatkan hasil belajar peserta didik, dan dapat meningkatkan penghafalan perkalian, dan dapat meningkatkan minat belajar perkalian matematika siswa kela II SD Negeri Serua 01 Tangerang Selatan.


Full Text:

PDF

References


Sulistiani Ratih Ika. (2016). Pembelajaran Matematika Materi Perkalian Dengan Menggunakan Media Benda Konkret (Manik-Manik dan Sedotan) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 2 SD Dinoyo 1 Malang. Jurnal Ilmiah Vicratina, Volume 10, No. 2 November 2016.

Argaruri Yanuardhana., Sulianto Joko., Listyarini Ikha., & Rini Puspita K. N. D. (2023). Penggunaan Media Pembelajaran Konkret Dalam Meningkatkan Minat Belajar Matematika Peserta didik SDN Kalicari 01 Semarang. Jurnal Of Social Science Reserch, Volume 3 No. 2 Tahun 2023, Page 189-201.

Aeni Nur Wulan., Darusman Yus., & Mahendra Heris Hatma. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Dengan Benda Konkret Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika. SHEs: Conference Series 2 (2) (2019) 148-154.

Hamidah Fitri., Khofiyya Nidaa’an A., Putri Faradita A. (2019). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Jarimatika Pada Mata Pelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Conference of Elementary Studies (C.E.S 2022).

Patonah Desti., Wijaya Murni W., Rosalin Elin. (2019). Efektivitas Penggunaan Media Gambar Kartun Pada Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan. ISSN 1412-565 X.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ