Penggunaan Bahan Ajar Tematik Berbasis Kearifan Lokal Guna Meningkatkan Semangat Belajar Siswa

Izzet Imaduddin, Venni Herli Sundi

Abstract


 

Abstrak. Tujuan pengembangan materi pembelajaran tematik berbasis kearifan lokal adalah untuk mengatasi tantangan yang dihadapi sekolah. Salah satu tantangannya adalah kurangnya pasokan materi pelatihan di lingkungan setempat. Materi pelajaran berbasis kearifan lokal mengacu pada keterampilan yang harus dikuasai siswa sesuai dengan persyaratan kurikulum. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa efektif bahan ajar tematik berbasis kearifan lokal bagi siswa sekolah dasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa materi pembelajaran IPAS berbasis kearifan lokal yang dibuat untuk siswa kelas IV SD sudah baik dan dapat digunakan. Komponen kebahasaan dan dalam pengembangan materi pembelajaran IPA berbasis kearifan lokal untuk siswa kelas 4 SD, validator menyarankan agar materi pembelajaran tersebut dapat dijadikan sebagai alternatif bahan pembelajaran bagi siswa. Tujuan pengembangan materi pembelajaran tematik berbasis kearifan lokal adalah untuk meningkatkan semangat belajar siswa. Kearifan lokal sangat penting untuk meningkatkan semangat belajar karena memungkinkan siswa menghubungkan pengetahuan dengan lingkungannya sehingga siswa dapat memaknai pembelajaran. Materi pembelajaran tematik berbasis kearifan lokal ini pada hakikatnya dapat memperkaya proses pembelajaran di sekolah dasar untuk menunjang tujuan pendidikan nasional yang berjiwa kebangsaan. Pada penelitian ini dikembangkan materi pembelajaran tematik berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan minat belajar siswa dengan pedoman observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan materi pembelajaran tematik berbasis kearifan lokal sangat efektif dalam membangkitkan semangat belajar siswa. Mengembangkan materi pembelajaran berbasis kearifan lokal membawa nilai tambah, karena selain mengenalkan kearifan lokal dan upayanya. Untuk melestarikan kearifan lokal ini juga memudahkan dalam menghubungkan guru dengan lingkungan. Dengan demikian, pengembangan materi pembelajaran tematik berbasis kearifan lokal dapat menjadi cara yang efektif untuk meningkatkan pengalaman belajar siswa. Bahan kajian ini dapat dijadikan sebagai kajian update baru, penuh dengan bahan kajian tematik yang berkaitan dengan kehidupan siswa sehari-hari.


Full Text:

PDF

References


Meilana, S. F., & Aslam, A. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5605-5613.

Syofyan, H., Zulela, M. S., & Sumantri, M. S. (2019). Pengembangan awal bahan ajar IPA di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(1), 52-67.

Yasa, I. K. D. C. A., Agung, A. A. G., & Simamora, A. H. (2021). Meningkatkan semangat belajar siswa melalui multimedia interaktif pada mata pelajaran IPA. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), 104-112.

Azizah, L., & Alnashr, M. S. (2022). Pengembangan bahan ajar tematik berbasis kearifan lokal guna meningkatkan hasil belajar kognitif siswa. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, 2(1), 1-12.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ