Mengembangkan Keterlibatan Siswa Kelas V UPTD SDN Serua 01 Tangerang Selatan dalam Pembelajaran IPAS melalui Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Wordwall

Maharani Amrillah, Venni Herli Sundi

Abstract


Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk mengembangkan keterlibatan siswa kelas V Sekolah Dasar (SD) dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) dengan menggunakan media Wordwall. Media Wordwall merupakan alat pembelajaran interaktif yang memadukan elemen permainan dan teknologi, sehingga dapat meningkatkan minat dan partisipasi siswa dalam proses belajar mengajar. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari beberapa siklus, masing–masing meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD yang berjumlah 35 orang, terdiri dari 15 siswa laki – laki dan 20 siswi perempuan di SDN Serua 01. Informasi dikumpulkan melalui observasi, angket, dan wawancara, kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan media Wordwall dalam pembelajaran IPAS dapat meningkatkan keterlibatan siswa secara signifikan. Siswa menjadi lebih aktif, antusias, dan termotivasi dalam mengikuti pembelajaran. Selain itu, media Wordwall juga membantu master dalam menyampaikan materi dengan lebih menarik dan interaktif. Dengan demikian, media Wordwall efektif sebagai alat bantu pembelajaran yang dapat meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran IPAS.


Full Text:

PDF

References


Agusti, N. M., & Aslam A. (2022). Efektivitas Media Pembelajaran Aplikasi Wordwall Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5794-5800.

Dwi Rahayu, N. (2023). Pengaruh Media Wordwall Game Quiz terhadap Minat Belajar Siswa. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 4, 1071-1078.

Nursyam, A. (2019). Peningkatan Minat Belajar Siswa Melalui Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Ekspose: Jurnal Penelitian Hukum Dan Pendidikan, 18(1), 811–819.

Tatsa Galuh Pradani. (2022). Penggunaan media pembelajaran wordwall untuk meningkatkan minat danmotivasi belajar siswa pada pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Educenter: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(5), 452–457.

Utami, A. D. D., Marini A., Nurcholida, N., & Sabanil, S. (2022). Penerapan Aplikasi Game Wordwall dalam Pembelajaran untuk Menumbuhkan Karakter Disiplin Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6855– 6865.

Novyanti, N., Dewi, H. I., & Winata, W. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Aplikasi Wordwall Untuk Meningkatkan Kreativitas Kognitif Anak Pada Pelajaran Bahasa Inggris. Instruksional, 4(1), 27-33.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ