Penerapan Media Kokami (Kotak Kartu Misteri) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pembelajaran IPA Kelas III UPTD SDN Serua 01 Tangerang Selatan
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh penggunaan media pembelajaran yang kurang optimal dikelas. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III dalam pembelajaran ipa dengan menerapkan media kotak kartu misteri (kokami), Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Menurut Kemmis dan Taggart (1988), penelitian tindakan adalah suatu bentuk penelitian refleksi diri yang dilakukan oleh para partisipan dalam situasi- situasi sosial (termasuk pendidikan) untuk memperbaiki praktik yang dilakukan sendiri. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus, dengan masing-masing siklus dua kali pertemuan. Untu masing-masing siklus ada empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. dengan mengambil lokasi di UPTD SDN Serua 01 Tangerang Selatan kelas 3. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas 3 yang berjumlah 32 orang. terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 14 siswa Perempuan. Kokami (Kotak Kartu Misteri) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan hasil belajar peserta didik pada siklus 1 sebesar 80% dengan nilai rata-rata belajar 78 kemudian meningkat pada siklus 2 sebesar 91% dengan nilai rata-rata hasil belajar 85.
Full Text:
PDFReferences
Ananda, R., Rafida, T., & Syahrum, S. (2015). Penelitian tindakan kelas. http://repository.uinsu.ac.id/2464/1/ISI%20PENELITIAN%20TINDAKAN%20KELAS.pdf
Pengembangan Aplikasi Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android. (2022). (n.p.): CV BATAM PUBLISHER.
Faturrahman, L. Y., Ermiana, I., & Khair, B. N. (2021). Pengembangan Media Kokami Pada Pembelajaran Tematik di Kelas V Sekolah Dasar Kecamatan Pemenang. Progres Pendidikan, 2(1), 55-63.
https://prospek.unram.ac.id/index.php/PROSPEK/article/view/123
Omeri, N. (2015). Pentingnya pendidikan karakter dalam dunia pendidikan. Manajer Pendidikan: Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana, 9(3). https://doi.org/10.33369/mapen.v9i3.1145
Yuningtyas, S. A., Reffiane, F., & Ysh, A. S. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Berbantu Media Kokami Terhadap Hasil Belajar IPAS Materi Perubahan Wujud Zat Siswa Kelas IV SD Negeri Kauman 03 Batang. Jurnal Wawasan Pendidikan, 4(1), 160-171.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Redaksi Prosiding SEMNASFIP
Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028 Email: fip@umj.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.