Meningkatkan Minat Membaca dan Menulis dengan Menggunakan Media Buku “Ayo Menulis dan Membaca” pada Siswa Kelas I di UPTD Serua 01 Tangerang Selatan

Tri Endang Sulistiana, Venni Herli Sundi, Nenah Nenah

Abstract


Penelitian ini dilakukan sebagai survey awal untuk melihat seberapa berperannya minat membaca dan menulis dengan menggunakan buku Ayo menulis dan membaca dalam meningkatkan kemampuan menulis, minat membaca dan kecerdasan emosional siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan Teknik. Dan budaya membaca dan menulis dikalangan siswa masih rendah, perlu adanya upaya sungguh-sungguh dari berbagai kalangan. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peran literasi bahasa dalam meningkatkan minat baca pada siswa SDN Serua 01 Tangerang Selatan. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan siswa dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Keabsahan data penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Data dianalisis secara interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan bahwa kegiatan literasi ini di SDN Serua 01 Tangerang Selatan berperan dalam memotivasi siswa untuk menyukai kegiatan membaca dan menulis, hambatan pihak sekolah dalam meningkatkan minat membaca dan menulis siswa kelas 1 melalui kegiatan literasi yakni kedisiplinan, pembiasaan siswa, minat, dan metode yang diterapkan guru, dan upaya pihak sekolah untuk meningkatkan minat membaca dan menulis siswa kelas 1 melalui kegiatan literasi adalah pihak sekolah selalu memberikan sosialisasi mengenai kegiatan literasi, mengenalkan pentingnya menumbuhkan minat dan mengadakan lomba-lomba sebagai wadah siswa untuk berpartisipasi aktif. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah bahwa storytelling sangat berperan dalam meningkatkan kemampuan menulis, minat membaca dan kecerdasan emosional siswa.

Full Text:

PDF

References


Alwasilah, C. (2012). Pokoknya Rekayasa Literasi. Jakarta: PT Kiblat Buku Utama

Ati, A. P., & Widiyarto, S. (2020). Peran Literasi Bahasa Dalam Meningkatkan Minat Baca Dan Menulis Pada Siswa Smp Kota Bekasi. Basastra, 9(1), 105–113. https://doi.org/10.24114/BSS.V9I1.17778

Budiharto, B., Triyono, T., & Suparman, S. (2018). Literasi Sekolah Sebagai Upaya Penciptaan Masyarakat.

Faizah, D. U., Sufyadi, S., Anggraini, L., Waluyo, Dewayani, S., Muldian, W., & Roosaria, D. R. (2016). Gerakan Literasi Sekolah Di Sekolah Sekolah Dasar.

Prasetyono, D. S. (2008). Rahasia Mengajarkan Gemar Membaca pada Anak Sejak Dini.

Putri Pradana, F. A. (2020). Pengaruh Budaya Literasi Sekolah melalui Pemanfaatan Sudut Baca terhadap Minat Membaca Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 2(1), 81–85. https://doi.org/10.31004/JPDK.V1I2.599

Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya (Ed. Rev. Cet. 5.).

Widodo, S., Gio, M. J., & Ghasya, D. A. V. (2015). Membangun Kelas Literat Berbasis Pendidikan Lingkungan Hidup Untuk Melatihkan Kemampuan Literasi Siswa di Sekolah Dasar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ