Pengaruh Penggunaan Media Video Tutorial terhadap Pembuatan Karya Seni yang Menggunakan Teknik Potong, Lipat dan Sambung pada Mata Pelajaran SBDP di Kelas III-D SD Islam Nurul Ihsan Palangka Raya

Evan Daya Restu, A’am Rifaldi Khunaifi, Agung Riadin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media video tutorial terhadap pembuatan karya seni yang menggunakan teknik potong, lipat dan sambung pada mata pelajaran SBdP di kelas III-D SD Islam Nurul Ihsan Palangkaraya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode penelitian eksperimen jenis desain pra-eksperimental satu kelompok pretest-postest (one-group pretest-posttest design). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas III-D SD Islam Nurul Ihsan Palangkaraya yang berjumlah 36 peserta didik. Sedangkan untuk sampel penelitian ini diambil sesuai dengan desain pra-ekperimen, yang artinya satu kelompok pretest-postest dari seluruh populasi yang berjumlah 36 peserta didik dan ditentukan menggunakan teknik purposive sampling yang melatarbelakangi atas pertimbangan tertentu. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang positif dari penggunaan media video tutorial terhadap pembuatan karya seni yang menggunakan teknik potong lipat dan sambung pada mata pelajaran SBdP di kelas III-D Sd Islam Nurul Ihsan Palangkaraya dimana hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah perlakuan cukup jauh berbeda. Hasil tersebut didapatkan melalui perhitungan data pretest dan postest yang telah dilaksanakan. Perbandingan hasil pretest X = 60 dan postest X = 87 ini sangat jelas menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara hasil pretest dan postest


Full Text:

PDF

References


Afatiyana, 2018. Konsep Dasar Seni 3 M (Menggunting, Melipat dan Menyambung). Artikel

Awala, M, Drs, et al. 2019. Pengaruh Media Video Tutorial Terhadap Hasil Belajar Serupa. The Journal of Art Education.

Desyva Nur Mahareni, V. P, 2021. Penerapan Pendidik Karakter Melalui Mata Pelajaran SBDP Pada Tema 1 KelaS V DI SD NEGERI BUGANGAN 02 SEMARANG. Dwijaloka.

Friemel dan bixler, 2018. Networked media collectivities.

Iskandar et al, 2020. Pengantar media pembelajaran. Yayasan Kita Menulis

Jakni, 2015. Metodologi Penelitian Eksperimen Bidang Pendidikan. Bandung Alfabeta.

Kasidi Ravik, 2018. Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. PT REMAJA ROSDAKARYA Offset-Bandung.

Kemendikbud. 2016. Permendikbud No 21 Tahun 2016 Standar Inti dan Kompetensi Dasar dan Menengah. Jakarta

___________. 2018. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Tema 2 Menyayangi Tumbuhan dan Hewan. Jakarta

___________. 2018. Tematik Terpadu Kurikulum 2013 SD/MI Studi Dan Bahan Pengajaran. Jakarta

Mardapi Djemari, 2016. Pengukuran, Penilaian Dan Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta Parama Publishing.

Marselina, N. S, 2016. Analisis Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya (SBDP) Kelas 3 SD Negeri Resapombo 01 Kecamatan Doko Kabupaten Blitar (Doctoral dissertation, University of Muhammadiyah Malang).

Nawari, Hidari. 2012. Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Nia Nuraida, 2012. Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Metode Demonstrasi di TK Islam Terpadu At-Tagawa.

Ningsih, R. G, 2019. Pengaruh Penggunaan Media Video Tutorial dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Dasar-Dasar Seni Rupa. Artikel

Nurfadhilah Septy, 2021. Media Pembelajaran SD. CV Jejak.

Priyastama, R, 2017. Buku Sakti Kuasai SPSS, Pengolahan Data & Analisis Data. Yogyakarta Start Up.

Riadi, 2015. Statistika Penelitian (Analisis Manual dan IBM SPSS). Andi Yogyakarta.

Rofian, R, 2016. Penerapan Metode Pembelajaran Demostrasi Pada Pendidikan Seni Rupa Di Sekolah Dasar. Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar).

Sanaky, H. A. 2013. Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif. Yogyakarta: KAUKABA DIPANTARA.

Sugiyono dan Susanto. 2015. cara mudah belajar spss dan lisrel. Bandung Alfabeta

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung Alfabeta.

________. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung Alfabeta.

________. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Yogyakarta Alfabeta.

Sujarweni, W, 2019. SPSS untuk penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Susitiawati, Suryantini & Artati Widayanti, 2017. Pengembangan Desain Pembelajaran Seni Tari di Sekolah Dasar Berbasis Localgenius Knowledge Berpendekatan Integrated Learning. Jurnal Seni Budaya

Swastika F. A, 2018. Penerapan Model Direct Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Menggambar Ilustrasi Pada Siswa Kelas VA SDN Putat Jaya II Surabaya. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Tajri Fulkha, 2016. Pengaruh Penggunaan Media Video Tutorial Terhadap Hasil Belajar Seni Rupa Siswa Kelas X Di SMA Negeri 1 Sawahlunto.Padang

Tri Handayani, 2013. Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Menggunting dengan Pola Geometri di Kelompok A TK Tunas Muda Ungaran Barat


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ