Peningkatan Keterampilan Membaca dengan Menggunakan Metode Picture and Picture dengan Pemanfaatan Media Kartu Kata pada Mata Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Kelas I SDN 2 Kapuas Tengah

Agustina Agustina, Hendri Hendri, Agung Riadin

Abstract


Membaca merupakan suatu sarana bagi siswa untuk mempelajari suatu hal yang belum diketahui dan dapat memperluas pengetahuan serta siswa dapat mengenali pesan-pesan tertulis yang terdapat dalam bacaan. Membaca permulaan yang dilaksanakan di kelas awal bertujuan agar siswa dapat membaca kata-kata dan kalimat sederhana dengan lancar dan tepat. Metode pembelajaran Picture and Picture merupakan salah satu bentuk metode pembelajaran yang menggunakan kartu gambar dan dipasangkan/diurutkan menjadi urutan logis merupakan salah satu media yang dapat membantu siswa untuk meningkatkan keterampilan membaca. Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan keterampilan membaca melalui metode picture and picture dengan pemanfaatan media kartu kata pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas I SDN 2 Kapuas Tengah.Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas I SDN 2 Kapuas Tengah. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Teknik analisis data digunakan secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil tes pada siklus I ini hanya 20 (50%) siswa yang mencapai ketuntasan individu. Jika dilihat ketuntasan secara klasikal pada siklus ini juga belum tuntas karena terdapat 20 siswa (50%) belum tuntas. Pada siklus II siswa yang tuntas sebanyak 35 (87,5%) sedangkan 5 siswa (12,5%) belum tuntas belajarnya

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, M. 2013. Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta. Arikunto, S. 2016. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Aqib, Z. 2014. Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual.Bandung: Yrama Widya.

Arsyad, A. 2016. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Daryanto.2013. Media Pembelajaran. Bandung: Satu Nusa.

Fauzi, A. 2014. Pengaruh Model Picture And Picture Terhadap Hasil Belajar. Edukatif Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5): 1-10.

Hamdani. 2015. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Hidayat, R. 2017. Pengaruh Metode Pembelajaran Picture and Picture Terhadap Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Nurul Azman Gunung Putri Bogor. Jurnal DEIKSIS, 9(3): 385-391.

Ibrahim. 2015. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: University Press.

Istarani. 2011. Model Pembelajaran Inovatif (Referensi Guru dalam Menentukan Model Pembelajaran). Medan: Media Persada.

Kemmis, S. & Mc. Taggart, R. 1988. The Action Research Planner. Victoria: Deakin University Press.

Kurniati. 2013. Pengaruh MetodePicture And Picture Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Semester Genap Di Gugus I Kecamatan Buleleng. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 3(8): 1-9.

Mabruroh, L. H. 2015. Pengaruh Metode Picture and Picture Terhadap Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar, P-ISSN 2086-7433 E-ISSN 2549-5801.

Rahim, F. 2016. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara, Sri, W. 2014. Bahasa Indonesia 1. Surabaya: Lapis PGMI.

Sudjana, N . & Ahmad Rivai.2017. Media Pengajaran. Bandung:Sinar Baru Algesindo. Suprijono. 2013. Model-Model Pembelajaran. Depok: Raja Grafindo.

Tampubolon. 2012. Kemampuan Membaca Teknik Membaca Efektif dan Efesien. Bandung: Angkasa Bandung.

Tarigan, H. G. 2014. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Wulandari, Y. T. 2015. Penerapan Metode Picture and Picture untuk Meningkatkan Motivasi Dan Keterampilan Menulis Teks Narasi Pada Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya, 3(2): 4-15.

Yusuf, M. 2013. Pendidikan bagi Anak dengan Problema Belajar. Jakarta: Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ