Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint pada Materi Geometri Kelas V SDN 6 Langkai Palangka Raya

Adi Firman, Rita Rahmaniati, Haris Munandar

Abstract


Matematika merupakan pelajaran yang memerlukan pengalaman secara visual agar pengetahuan yang dimiliki bukan hanya dalam bentuk konsep atau hafalan yang mudah dilupakan. Pada pembelajaran yang dilaksanakan di kelas V SDN 6 Langkai pendidik menyampaikan materi geometri dengan baik dipadukan dengan media konvensional. Kurang menariknya media, visualisai yang terbatas pada konsep dan banyaknya rumus menyebabkan hasil belajar peserta didik rendah. penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran yang valid dan efektif digunakan pada materi geometri di kelas V SD. Metode penelitian yang digunakan adalah R&D (research and development) dengan menggunakan model ADDIE (analysis, design, development, implementation, and evaluation). Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan wawancara, validasi, tes dan angket..Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) berdasarkan hasil validasi tim pakar terhadap media pembelajaran powerpoint didapatkan angka 87,5% oleh ahli materi pembelajaran, 86% oleh ahli desain pembelajaran, 100% oleh Ahli media dan komunikasi, serta 88% dari pendidik yang semuanya diklasifikasikan “sangat layak”. 2) berdasarkan uji coba kelompok besar menggunakan uji-t Wilcoxon Signed Ranks Test pada hasil pretest dan posttest didapatkan nilai signifikansi 0,006 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan Ha diterima yaitu terdapat perbedaan hasil belajar antara peserta didik sebelum menggunakan dan setelah menggunakan media pembelajaran powerpoint


Full Text:

PDF

References


Alimuddin, H., & Trisnowali, A. (2018). Profil Kemampuan Spasial Dalam Menyelesaikan Masalah Geometri Siswa Yang Memiliki Kecerdasan Logis. Histogram : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 169–182. https://doi.org/10.31100/histogram.v2i2.238

Batubara, H. H. (2020). Media Pembelajaran Efektif. Semarang: Fatawa Publishing. https://www.google.co.id/books/edition/Media_Pembelajaran_Efektif/pBgJEAAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=video+pembelajaran&pg=PA166&printsec=frontcover

Hanan, M. P., & Alim, J. A. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas VI Sekolah Dasar Pada Materi Geometri. Al-Irsyad Journal of Mathematics Education, 2(2), 59–66. https://doi.org/10.58917/ijme.v2i2.64

Hasbylah, R. M., Hadi, C., Asbari, M., Santoso, G., & Rantina, M. (2023). Butterfly Effect : Satu Hal Kecil Yang Merubah Hidup Sepenuhnya Jurnal Pendidikan Transformatif. Jurnal Pendidikan Transformatif ( Jupetra ), 02(03), 1–4.

Helaluddin, Harmelia, T., & Rante, R. S. V. N. (2020). Penelitian dan Pengembangan. Serang: Media Madani.

Kemendikbudristek. (2022). Salinan Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 008/H/KR/2022 Tentang Capaian Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Usia Dini Jenjang Pendidikan Dasar dan Jenjang Pendid. In Kemendikbudristek.

Nasaruddin, N. (2018). Karakterisik Dan Ruang Lingkup Pembelajaran Matematika Di Sekolah. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2), 63–76. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v1i2.93

Priati, Akbar, R., & Briando, B. (2020). Statistika Dasar. Depok: Politeknik Imigrasi.

Raspati, M. I., & Zulfiati, H. M. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Menggunakan Powerpoint Dalam Pembelajaran Tematik. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(2), 46–59. https://doi.org/10.33084/tunas.v5i2.1437

Yasmansyah, Y., & Sesmiarni, Z. (2022). Konsep Merdeka Belajar Kurikulum Merdeka. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia, 1(1), 29–34. https://doi.org/10.31004/jpion.v1i1.12


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ