Berusaha meningkatkan Kemampuan Kritis, Kreatif, dan Tercermin Pada Kemampuan Literasi Matematika kelas V Sekolah Dasar

Khalfa Riski Putri, Dewi Setiyaningsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kemampuan berpikir kritis, berpikir kreatif, dan berpikir reflektif pada literasi matematika serta mengetahui hubungan antara kemampuan berpikir kritis, berpikir kreatif, dan berpikir reflektif dengan kemampuan literasi matematika pada siswa kelas V SD MI Muhammadiyah Blembem. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain korelasional dan tidak diberikan perlakuan terlebih dahulu. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas V SD bersertifikat A dan melibatkan 14 siswa kelas V sekolah sertifikasi A MI Muhammadiyah Bleembem sebagai sampel penelitian. Teknik pengumpulan data melalui penggunaan tes dan lembar observasi. Gunakan aplikasi SPSS untuk analisis data dengan mencari tes parsial, tes simultan, Uji korelasi, dan terakhir analisis koefisien korelasi dilakukan secara bersamaan. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara kemampuan berpikir kritis, berpikir kreatif, dan berpikir refraksi dengan kemampuan literasi matematis siswa kelas V MI Muhammadiyah SD Bleembem dari nilai signifikansi yang dihasilkan uji t yaitu sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti H0 ditolak, H1 diterima atau thitung > ttabel. Dan dilihat dari uji F dengan signifikansi 0,000 < 0,05 dan nilai Fhitung > Ftabel maka dapat disimpulkan H0 ditolak dan H1 diterima. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara kemampuan berpikir kritis, berpikir kreatif, dan berpikir refraktif dengan kemampuan literasi matematis pada siswa MI SD Muhammadiyah Bleembem Kecamatan Seminkandirejo Kota Yogyakarta

Full Text:

PDF

References


Sains, Membaca, dan Menulis. Jakarta: Bumi Aksara.

Aulia, K. (2019). Profil berpikir refraksi siswa dalam menyelesaikan masalah Chang and Relationship soal pisa ditinjau dari gaya berpikir (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya).

Badan Pengembangan dan Pebinaan Bahasa. (2016). Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Kelima 0.2.1 Beta. Kemendikbud.

Cahyana, U., Kadir, A., & Gherardini, M. (2017). Relasi kemampuan berpikir kritis dalam kemampuan literasi sains pada siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 26(1), 14-22.

Depdiknas. (2006). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi Mata Pelajaran Matematika. Jakarta: Depdiknas.

Fadillah, A. (2016). Pengaruh pembelajaran problem solving terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Fibonacci: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 2(1), 1-8.

Faelasofi, R. (2017). Identifikasi Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Pokok Bahasan Peluang. JURNAL e-DuMath, 3(2). Fraenkel, J.R dan Wellen, N.E. (2008). How to Design and Evaluate research in Education. New York: McGraw-Hill.

Faradina, Nindya. 2017. Pengaruh Program Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca Siswa di SD Islam Terpadu Muhammadiyah An-Najah Jatinom Klaten. Jurnal Hanata Widya. 6 (8). (hlmn. 60-69).

Gherardini, M. (2016). Pengaruh metode pembelajaran dan kemampuan berpikir kritis terhadap kemampuan literasi sains. Jurnal Pendidikan Dasar UNJ, 7(2), 253-264.

Heong, Y. M., Othman, W. B., Yunos, J. B. M., Kiong, T. T., Hassan, R. B., & Mohamad, M. M. B. (2011). The level of marzano higher order thinking skills among technical education students. International Journal of Social Science and Humanity, 1(2), 121.

Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Jakarta: Ghalia Indonesia

Kurniati, D., Harimukti, R., & Jamil, N. A. (2016). Kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa SMP di Kabupaten Jember dalam menyelesaikan soal berstandar PISA. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 20(2), 142-155.

Lestari, K.E. & Yudhanegara, M.R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Penerbit Refika Aditama

Mansur, Nabilah. 2018. Melatih Literasi Matematika Siswa dengan Soal PISA. PRISMA 1. Universitas Negeri Malang.

Marliani, N. (2015). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP). Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(1).

Musfirof, Tadkiroatun. dan Beniaty Listyosarini. 2016. Konstruk Kompetensi Literasi Untuk Siswa Sekolah Dasar. Litera. 1 (15), (hlmn 1-12).

Musfirof, Tadkiroatun. dan Beniaty Listyosarini. 2016. Konstruk Kompetensi Literasi Untuk Siswa Sekolah Dasar. Litera. 1 (15), (hlmn 1-12).

Prayitno, A. (2015). Proses Berpikir Refraksi Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Tentang Kesamaan. Likhitaprajna, 17(1), 25-37.

Sumartini, T. S. (2015). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Pendidikan Matematika, 5(1).

Suripah, S., & Sthephani, A. (2017). Kemampuan berpikir kreatif matematis mahasiswa dalam menyelesaikan akar pangkat persamaan kompleks berdasarkan tingkat kemampuan akademik. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 149160.

Suyono, dkk. 2017. Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Sekolah Dasar. 26 (2). (hlmn. 116-123).

Ulandari, N., Putri, R., Ningsih, F., & Putra, A. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Inquiry terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Teorema Pythagoras. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 227-237.

Wardhani, S. (2015). Pembelajaran dan penilaian aspek pemahaman konsep, penalaran dan komunikasi, pemecahan masalah, Retrieved April 23, 2015.

Wibowo, Slamet. 2017. “Metode Pembelajaran dan Gaya Kognitif dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika,” dalam Jurnal Penelitian dan Penilaian Pendidikan, vol. 2, no. 1 (2017): 125-139.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ