Kesulitan Dalam Membaca dan Menulis pada Siswa Kelas 3 Sekolah Dasar

Widyadhana Putri Parwina, Dewi Setiyaningsih

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan sebagian siswa di MI Muhammadiyah Blembem yang  menghadapi  kesulitan  dalam  membaca  dan  menulis. Penanganan kesulitan belajar ini sangat penting, karena  jika  anak  mengalami kesulitan  membaca  dan  menulis  pada  usia  sekolah  dasar,  maka  mereka  akan mengalami  kesulitan  pada  jenjang  berikutnya.Tujuan  penelitian  ini  adalah untuk  mendeskripsikan kesulitan membaca dan menulis pada beberapa siswa di kelas 3. Pendekatan yang  digunakan  dalam  penelitian  ini  adalah  pendekatan  kualitatif  deskriptif  dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan  hasil  penelitian  dan  pembahasan  dapat disimpulkan bahwa kesulitan dalam membaca dan menulis siswa kelas 3 yaitu : (1) belum mampu membedakan huruf dan melafalkan huruf dengan jelas; (2) kesulitan mengenali huruf atau mengejanya; (3) selalu keliru pada kegiatan mengeja dan melafalkan huruf ; (4) kesulitan mengeja dan menggabungkan suku kata depan dan terakhir; (5) mengeja dengan lambat dan terputus-putus dan kadang tidak tepat.


Full Text:

PDF

References


Cindrakasih, Fitria; Paujiah, Epa. Analisis Kesulitan Anak Kelas Tiga Sekolah Dasar Dalam Membaca Permulaan. Proceedings Uin Sunan Gunung Djati Bandung, 2021, 1.80: 9-16.

Igo, La; Nurlaila, Maryam; Suardin, Suardin. Analisis Kesulitan Menulis Siswa Kelas III SD Negeri Mole di Kabupaten Wakatobi. Penuh Asa: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2023, 1.2: 248-256.

Khairina, D., Saputra, H. H., & Oktaviyanti, I. (2023). Strategi Guru dalam Mengatasi Kesulitan Membaca dan Menulis Permulaan Siswa Kelas Rendah SDN 20 Cakranegara. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1), 305-311.

Rafika, Nurma, Maya Kartikasari, and Sri Lestari. "Analisis kesulitan membaca permulaan pada siswa sekolah dasar." Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar 2 (2020): 301-306.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ