Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 MI Muhammadiyah Blembem melalui Media Kartu Huruf

Ressa Marshella Tiasana, Dewi Setiyaningsih

Abstract


Masalah utama penelitian ini adalah kemampuan membaca awal siswa kelas I Mi Blembem pada mata pelajaran bahasa Indonesia masih rendah. Rendahnya kemampuan membaca siswa salah satu penyebabnya karena proses pembelajaran masih menggunakan cara tradisional yaitu menggunakan papan tulis, pembelajaran hanya fokus pada guru sehingga menjadikan siswa pasif. Tujuan penelitian yang dilakukan adalah untuk mengetahui apakah materi kartu huruf dapat meningkatkan kemampuan membaca awal siswa kelas I Mi Blembem Kecamatan Semin Kabupaten Gunung Kidul. Variabel sasaran perubahan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah peningkatan kemampuan membaca awal siswa kelas satu SD, sedangkan variabel tindakan yang digunakan dalam penelitian ini adalah dukungan kartu surat. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan jumlah siswa 25 orang, dimana setiap siklus meliputi perencanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Dari hasil tindakan siklus I, hasil belajar pertama siswa dalam membaca tercapai dengan skor rata-rata 69 dengan tingkat siswa sebesar 52%. Hasil tindakan siklus II menunjukkan hasil belajar membaca pertama siswa tercapai dengan skor rata-rata 78,67 dengan tingkat ketercapaian siswa sebesar 92%. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran bahasa Indonesia (starting reading) dengan kartu abjad dapat meningkatkan kemampuan membaca awal siswa kelas I Mi Blembem Kecamatan Semin Kabupaten Gunung Kidul.

Full Text:

PDF

References


Damayati, Rizki Anggita Hayu., Dian Permatasari Kusuma Dayu, Liya Atika Anggrasari. (2022). Upaya Peningkatan Literasi Membaca Melalui Metode Jigsaw Berbantuan Media Card Sort Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas 3 Sekolah Dasar. Vol.3, Juli 2022.

Efiani, nani., Zaki Al Fuad dan Cut Marlini.(2020). Penggunaan Media Explosion Box Terhadap Keterampilan Membaca Nyaring Sd Negeri 69 Banda Aceh. Vol.1, No.1, September 2020.

Maliasih, Hartono, Nurani P. (2017). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Kognitif Melalui Metode Teams Games Tournaments dengan Strategi Peta Konsep Pada Siswa SMA.

Heriyawati, D. F. & Sulistyo, T. (2016). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Bahasa Pada Guru-guru SD dan TK Kecamatan Sukun Malang. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat (JPM). Vol.1 No.1. November 2016.

Alghazali, Muhammad Iqbal. "Pengaruh Media Cerita Bergambar Dan Literasi Membaca Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar." JTP-Jurnal Teknologi Pendidikan 21.3 (2019): 269-282.

Saadati, Baiq Arnika, and Muhamad Sadli. "Analisis pengembangan budaya literasi dalam meningkatkan minat membaca siswa di sekolah dasar." Terampil: Jurnal pendidikan dan pembelajaran Dasar 6.2 (2019): 151-164.

Alannasir, W. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Animasi Dalam Pembelajaran Ips Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas Iv Sd Negeri Mannuruki. Journal of Educational Science and Technology (EST), 2(2), 81. https://doi.org/10.26858/est.v2i2.2561

Bahtiar, R. S. (2019). Efektivitas Penggunaan Media Papan Waktu Pada Pembelajaran Penghitungan Waktu Bagi Siswa Kelas Iii Sekolah Dasar. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 3(1), 14–23. https://doi.org/10.21067/jbpd.v3i1.2857

Dalman. (2017). Keterampilan Membaca. PT Rajagrafindo Persada.

Dwijayani, N. M. (2019). Development of circle learning media to improve student learning outcomes. Journal of Physics: Conference Series, 1321(2), 171–187. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1321/2/022099

Gustiawati, R., Arief, D., & Zikri, A. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Membaca Permulaan dengan Menggunakan Cerita Fabel pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 355–360. https://doi.org/10.31004/basiced


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ