Pengaruh Tingkat Konsentrasi Belajar Peserta Didik di dalam Proses Pembelajaran di SD MI Muhammadiyah

Fitrianda Eva, Dewi Setiyaningsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat konsentrasi belajar peserta didik kelas II SD MI Muhammadiyah Blembem dalam proses pembelajaran. Latar belakang dari penelitian ini adalah pentingnya konsentrasi dalam proses pembelajaran yang menentukan hasil belajar peserta didik. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Pengambilan subjek dalam penelitian menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah subjek tiga orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan dokumentasi secara langsung. Hasil penelitian menunjukan bahwa dari ketiga subjek memiliki tingkat konsentrasi yang berbeda. Subjek A dengan nilai hasil belajar tinggi memiliki tingkat konsentrasi yang tinggi. Subjek B dengan nilai hasil belajar sedang memiliki tingkat konsentrasi sedang. Sedangkan subjek C dengan nilai hasil belajar rendah memiliki tingkat konsentrasi yang rendah.


Full Text:

PDF

References


Andita, CD. & Desyandri, D. (2019). Pengaruh Penggunaan Musik Terhadap Konsentrasi Belajar Anak Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidi

Aprilia, Diana, dkk. (2014). Penerapan Konseling Kognitif dengan Teknik Pembuatan Kontrak (Contingency Contracting) untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa Kelas X TKR I SMK Negeri 3 Singaraja. Jurnal Pendidikan Jurusan Bimbingan Konseling Undika Volume 2 No. 1 Tahun 2014. Bali: Undika.

Arifin, Zainal. (2014). Evaluasi Pembelajaran: Prinsip, Teknik, Prosedur. Bandung: Rosda.

Aunurahman. (2014). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Azizah, Sulis Nur. (2015). Peningkatan Konsentrasi Belajar IPA Melalui Mind Mapping Siswa Kelas V SDN Jomblangan. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar UNY Edisi 5 Tahun ke IV April 2015: 1-13. Yogyakarta: UNY.

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2016). Kamus Besar Bahasa Indonesia, [Online] Tersedia: kbbi.kemdikbud.go.id. [5 November 2022].

Dimyati dan Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Hamiyah, Nur dan Mohammad Jauhar. (2014). Strategi Belajar Mengajar Di Kelas. Jakarta: Prestasi Pustakarya.

Meutiarani, Riska. (2014). Hubungan Anemia Diferensiasi Besi Terhadap Gangguan Konsentrasi Pada Siswa-Siswi SMAIT Al-Fityan Meda. Skrpsi Dipublikasikan. Sumatera Utara: USU

Rinawati, R. (2021). Hubungan Konsentrasi Belajar Siswa Terhadap Presntasi Belajar Peserta Didik Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan.

Setiani, AC. & Setyowani N. (2014). Meningkatkan Konsentrasi Belajar Melalui Layanan Bimbingan Kelompok. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ