Implementasi Penilaian Autentik dalam Mengukur Pemahaman Siswa Terhadap Peraturan Sekolah pada Mata Pelajaran PPKn di Kelas 2 MI Muhammadiyah Semanu

Ananda Oktaviani, Apri Utami Parta Santi, Tazkiyyatu Taznim

Abstract


Dalam konteks Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN) di kelas 2 MI Muhammadiyah Semanu, pemahaman terhadap peraturan sekolah menjadi hal yang sangat penting. Pemahaman ini tidak hanya melibatkan kemampuan siswa untuk mengingat isi peraturan, tetapi juga kemampuan untuk memahami makna di balik peraturan tersebut serta menerapkan nilai-nilai yang terkandung dalam peraturan tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Namun, terkadang pemahaman siswa terhadap peraturan sekolah tidak mencapai tingkat yang diharapkan, karena kurangnya kesempatan untuk berinteraksi secara langsung dengan konteks nyata dari peraturan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan penilaian autentik dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap peraturan sekolah pada mata pelajaran PPKn. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi penilaian autentik dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap peraturan sekolah pada mata pelajaran PPKn karena penilaian autentik merupakan sebuah metode penilaian yang melibatkan konteks nyata dalam kehidupan sehingga siswa dapat lebih mudah memahami pembahasan tersebut.


Full Text:

PDF

References


Abdullah, R. (2016). Penilaiam Autentik. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Afandi, M. (2014). Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah “ PENDIDIKAN DASAR", 1(1).Arikunto, S. (2013).

Kencana.Slameto, S. (2015). Implementasi Penelitian Tindakan Kelas. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(3), 47–58.

Machali, I. (2022). Bagaimana melakukan penelitian tindakan kelas bagi guru. Ijar, 1(2), 181-204.

Muchtar, H. (2010). Penerapan Penilaian Autentik dalam Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Pendidikan Penabur. 68-76

Pahleviannur, M. R., Mudrikah, S., Mulyono, H., Bano, V. O., Rizqi, M., Syahrul, M., ... & Aini, K. (2022). Penelitian Tindakan Kelas. Pradina Pustaka.

Penelitian Tindakan Kelas. Kencana.Slameto, S. (2015). Implementasi Penelitian Tindakan Kelas. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(3), 47–58.

Routledge.Fitria, H., Kristiawan, M., & Rahmat, N. (2019). Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas. Abdimas Unwahas, 4(1), 14–25.

Suhendra, A. (2021). Implementasi Penilaian Autentik dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Dirasatul Ibtidaiyah, 1(1), 85-97.

Tampubolon, S. (2014). Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Pendidik dan Keilmuan. Erlangga


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ