Upaya Meningkatkan Kreativitas Siswa melalui Metode PjBL pada Pembelajaran SBDP Kelas 1 MI Muhammadiyah

Faradilah Al Hasani, Apri Utami Parta Santi, Tazkiyyatu Taznim

Abstract


Pembelajaran SBdP di kelas 1 MI Muhammadiyah Semanu, pemahaman terhadap Kreativitas seni dalam berkarya menjadi hal yang sangat penting. Pemahaman ini tidak hanya melibatkan kemampuan siswa, tetapi juga kemampuan untuk memahami dan mengembangkan kreativitas dalam seni yang dimana dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Melalui metode pembelajaran Problem Based Learning diharapkan ada peningkatan dalam kreativitas peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan yaitu PTK (Penelitian Tindakan Kelas) melalui empat langkah yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Teknik observasi dan tes. Subyek penelitian yaitu peserta didik kelas I A yang berjumlah 21 siswa. Pada pra siklus nilai rata-rata peserta didik yaitu 65,47 dan yang mencapai KKM sebanyak 8 Siswa. Pada siklus I nilai rata-rata peserta didik yaitu 69,90 dan yang mencapai KKM sebanyak 10 siswa. Pada siklus II nilai rata-rata peserta didik meningkat sebesar 76.90 dan yang mencapai KKM sebanyak 27 siswa. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diatas maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran PJBL dapat meningkatkan kreativitas siswa pada pembelajaran SBdP di kelas I A MI Muhammadiyah Semanu. Berdasarkan data pada tahap pra siklus, pembelajaran siklus I dan II adanya peningkatan.


Full Text:

PDF

References


Annisa, D. (2022). Jurnal Pendidikan Dan Konseling. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(1980), 1349–1358.

Bara. (2012). Membangun Kreativitas Pustakawan Di Perpustakaan. Jurnal Iqra’, 6(2), 40–51. Http://Repository.Uinsu.Ac.Id/768/1/Vol.06no.02 (6).Pdf

Fitri, H., Junindra, A., Mayar, F., Studi Pendidikan Dasar, P., & Negeri Padang, U. (N.D.). Analisis Pembelajaran SBDP Menggunakan Model Project Based Learning Terhadap Kreativitas Peserta Didik Di Sekolah Dasar.

Kelas, D., & Negeri, V. S. D. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Tema 1 Selamatkan Makhluk Hidup Subtema 2 Hewan Sahabatku Pembelajaran 2 Di Kelas Vi-B Sd Negeri 104201 Kolam. Educate: Journal Ilmu Pendidikan Dan Pengajaran, 1(3), 401–421. Https://Doi.Org/10.56114/Edu.V1i3.462

Muqodas, I. (2015). Mengembangkan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar. Metodik Didaktik: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 9(2), 25–33. Https://Ejournal.Upi.Edu/Index.Php/Metodikdidaktik/Article/Viewfile/3250/2264

Murniarti, E. (2021). Penerapan Metode Project Based Learning Dalam Pemmbelajaran. Journal Of Education, 3(1), 369–380.

Musfiroh, T. (2003). Kreativitas Anak Usia Dini Dan Implikasinya Dalam Pendidikan.

Disajikan Di Hadapan Guru-Guru Play Group Dan Tk Kreatif Primagam, Di Pppg Matematika, 3–4. Staffnew.Uny.Ac.Id › Upload › Pengabdian › Kreativitas+Anak+Usia

Noviana Dian. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Lrarning (Pjbl) Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Kimia Industri. Journal of Islamic Studies, 1(2), 1–17.

Palupi, D. W. 2022. (2022). Strategi Pembelajaran Guru, Dyah Wahyu Palupi, FKIP UMP, 2022. 8–21.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ