Implementasi Papan Pintar Pohon Aturan untuk Meningkatkan Keterlibatan Siswa dalam Pembelajaran PPKn Kelas I MI Muhammadiyah Semanu

Mehira Filza Atmoko, Apri Utami Parta Santi, Tazkiyyatu Taznim

Abstract


Prioritas utama pendidik dalam iklim pendidikan yang terus berubah saat ini adalah menemukan cara untuk melibatkan siswa secara aktif. Papan pintar pohon aturan menciptakan lingkungan belajar yang menarik dan meningkatkan retensi memori dengan menampilkan ide-ide rumit dalam format visual yang mudah dipahami. Papan pintar pohon aturan yang dilandasi oleh gagasan teori pembelajaran multimedia dan pedagogi konstruktivis memiliki kemampuan merevolusi pembelajaran di kelas PPKn. Tujuan penelitian ini adalah memberikan pemahaman betapa pentingnya untuk segera mempelajari bagaimana guru PPKn menggunakan Papan pintar sebagai  metode pengajaran sehingga kita dapat menghidupkan kembali dinamika kelas, meningkatkan keterlibatan siswa, dan menumbuhkan pemahaman yang lebih kuat tentang prinsip-prinsip demokrasi dan nilai-nilai kewarganegaraan. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif untuk menyelidiki bagaimana guru dapat memanfaatkan Papan pintar sebagai  metode pengajaran untuk meningkatkan partisipasi siswa kelas 1 MI Muhammadiyah Semanu pada pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Papan Pintar Pohon Aturan secara signifikan meningkatkan antusias belajar siswa dalam pembelajaran PPKn kelas I MI Muhammadiyah Semanu dibandingkan dengan tanpa adanya media pembelajaran yang menarik. Temuan ini menunjukkan bahwa pemanfaatan media pembelajaran kreatif seperti Papan Pintar Pohon Aturan dapat menjadi alternatif efektif dalam meningkatkan keterlibatan siswa pada mata pelajaran PPKn di jenjang Sekolah Dasar (SD). Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam pengembangan strategi pembelajaran yang berfokus pada penggunaan media yang menarik dan relevan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di Sekolah Dasar (SD).

Full Text:

PDF

References


Abdullah, A. H., Soh, H. M., Mokhtar, M., Hamzah, M. H., Ashari, Z. M., Ali, D. F., ... & Abd Rahman, S. N. S. (2020). Does The Use Of Smart Board Increase Students’ Higher Order Thinking Skills (Hots)?. Ieee Access, 9, 1833-1854.

Adewiyah, R., Sari, E. N., Wijayanti, F., & Jannah, A. N. (2022). Improving Student Learning Outcomes In Multiple Materials Using The Jarimatics Method Assisted Of The Multiple Smart Board: Array. Maktab: Jurnal Pendidikan Dan Teknologi, 1(3), 778-787.

Akar, H. (2020). The Effect Of Smart Board Use On Academic Achievement: A Meta-Analytical And Thematic Study. International Journal Of Education In Mathematics, Science And Technology, 8(3), 261-273.

Aktas, S., & Aydin, A. (2016). The Effect Of The Smart Board Usage In Science And Technology Lessons. Eurasian Journal Of Educational Research, 16(64).

Aliabadi, K., & Abbasi, H. (2020). The Comparison Of The Effect Of Electronic Content With The Neo-Neo Multimedia Model And The Researcher-Made Multimedia Model On Student-Teachers’ Learning In Smart Board Training. Technology Of Education Journal (Tej), 15(1), 73-82.

Günaydın, S., & Karamete, A. (2016). Material Development To Raise Awareness Of Using Smart Boards: An Example Design And Development Research.

Lasut, C. W., Sumampow, Z. F., & Mangangantung, J. M. (2019). Use Of Thematic Game Methods And Smart Media Boards To Improve Cognitive Skills In Class II In Sdn Watutumou II Kecamatan Kalawat.

Ling, L. W., Ahmad, W. F. W., & Singh, T. K. R. (2014, June). Effects Of The Smart Board On Students' Achievement In Moral Education. In 2014 International Conference On Computer And Information Sciences (Iccoins) (Pp. 1-6). Ieee.

Mun, S., Abdullah, A., Mokhtar, M., Ali, D., Jumaat, N., Ashari, Z., ... & Rahman, K. (2019). Active Learning Using Digital Smart Board To Enhance Primary School Students’ Learning.

Nopriastuti, S. D., & Sunaryati, T. (2024). Pengambangan Media Papan Pintar Untuk Meningkatkan Karakter Tanggung Jawab Pada Pembelajaran Ppkn Siswa Kelas III Sd. Jurnal Pendidikan Inovatif, 6(1).

Pertiwi, H., Aziz, A., & Husni, M. (2023). Development Of Smart Board Visual Media For Autistic Children In Learning Indonesian Language. Special And Inclusive Education Journal (Special), 4(2), 78-84.

Pourciau, E. A. L. (2014). Teaching And Learning With Smart Board Technology In Middle School Classrooms (Doctoral Dissertation, Walden University).

Putri, A. I., Shofa, I. M., Apriliani, A., Khusna, I., & Rondli, W. S. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Papan Pintar Dalam Penanaman Nilai-Nilai Pancasila Pada Siswa Sekolah Dasar. In Prosiding Seminar Nasional Dies Natalis Universitas Muria Kudus (Vol. 2, No. 1, Pp. 938-946).

Rukun, K., Huda, Y., & Muhamad Ihsan, T. S. (2019). Interactive Learning Model In Vocational Education With Smart Board Technology At Universitas Negeri Padang. International Journal Of Innovative Science And Reserach Technology, 4, 12.

Sari, T. P. M., & Sunaryati, T. (2024). Pengambangan Media Papan Putaran Pintar Untuk Meningkatkan Pengetahuan Hak Dan Kewajiban Ppkn Kelas 3 Sd. Jurnal Pendidikan Inovatif, 6(2).

Sembiring, C., & Br, M. (2023). Pengaruh Media Papan pintar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pkn Kelas V Sd Negeri 060934 Kwala Bekala Medan Tp 2022/2023 (Doctoral Dissertation, Universitas Quality).

Siahaan, S. A. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Pop Up Book Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pkn Di Kelas Iv Sd Negeri 060934 Kwala Bekala Ta/2022/2023 (Doctoral Dissertation, Universitas Quality).

Topal, H., Fitriani, S. S., & Erdiana, N. (2019). The Effectiveness Of Smart Board Media In Teaching Reading For Junior High School Student. Research In English And Education Journal, 4(3), 108-118.

Yunianto, C., Ciphani, E. M., & Ahmadi, K. (2017). Pengaruh Media Papan Pintar Ppkn Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di Kelas VIII Mts Bustanul Ulum Panti Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Pancasila Kewarganegaraan Dan Hukum, 1(1), 15-22


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ