Implementasi Media Flashcard untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 3 pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di MI Muhamamdiyah Semanu

Zahra Tri Amarwati, Apri Utami Parta Santi, Tazkiyyatu Taznim

Abstract


Media pembelajaran flashcard bermanfaat agar siswa kelas 3 MI Muhammadiyah Semanu bersemangat dalam melakukan pembelajaran dengan adanya media pembelajaran yang membuat siswa belajar sambil bermain. Penelitian ini di latar belakangi oleh pengamatan peneliti yang menduga adanya guru belum bisa menerapakan pembelajaran Bahasa Indonesia dengan kreatif dan belum menggunakan media untuk menjelaskan materi pelajaran. Sehingga siswa merasa kesulitan untuk memahami materi yang diberikan, guru menyampaikan materi dengan metode satu arah dan siswa hanya bertindak sebagai pendengar. Metode yang digunakan yaitu Penelitian Tindak Kelas (PTK) dengan menggunakan observasi. Hal ini dapat dilihat dari siklus I dan II secara berturut-turut adalah 50% dan 84%. Di samping itu peneliti juga melihat dari hasil observasi siswa yang mengalami peningkatan. Dimana nilai yang diperoleh hasil observasi siswa siklus I yaitu: 395 dan pada siklus II yaitu: 490. Dengan demikian tindakan yang telah dilakukan sudah sesuai dengan perencanaan yang telah disusun sebelumnya dan mencapai kemampuan belajar yang diharapkan.

Full Text:

PDF

References


Apfani, S. Utami, E. P. Ade, I. S.(2022). Efektivitas Media Pembelajaran Flashcard pada Keterampilan Membaca Permulaan di Kelas I Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai.

Afifah, N. Kurniaman, O. Noviana, E. (2022). Pengembangan media pembelajaran interaktif pada Pembelajaran bahasa indonesia kelas III sekolah Dasar. Jurnal Kiprah Pendidikan.

Adam, dkk. (2015). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Bagi Siswa Kelas X Sma Ananda Batam. Volume 3 No 2.

Zulela, dkk.(2006). Konsep Dasar dan Karakteristik Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Materi Pokok Mata Kuliah: Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PGSD UNJ.

Mariana.(2020). Pengembangan Media Flash Card Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk It Ananda Putri Deli Serdang. Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

Amelia, Anissa Putri. 2017. Penggunaan Media Flashcard untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca. Magelang: Universitas Muhammadiyah Magelang.

Dahlan, Zakiah. 2021. Efektivitas Penggunaan Media Motion Graphich sebagai Pendukung Pembelajaran Fisika Kelas XI IPA di SMA Negeri 3 Barru. Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar.

Ekayani, Ni Luh Putu. Pentingnya Penggunaan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa.

Fauziah Dan Sri. (2016). Efektivitas Penggunaan Media Flash Cards Untuk Meningkatkan

Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia Dini. Jurnal Infanitia,vol 4(2). Juanda, Anda. 2016. Penelitian Tindakan Kelas (Clasroom Action Research). Yogyakarta: Deepublish.

Khair, Ummul.(2018). Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Sastra (BASASTRA) di SD dan MI. Jurnal Pendidikan Dasar. Vol. 2, No. 1.

Linggasari, Egah. dkk. 2022. Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar Melalui Model Pendidikan Kecakapan Hidup. Jurnal Literasi, Volume XIII, No. 1.

Magdalena,dkk. (2021). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SDN Meruya Selatan 06 Pagi. Jurnal Edukasi dan Sains, Volume 3, Nomor 2.

Mahnun, Nunu. (2012). “Media Pembelajaran (Kajian terhadap Langkah-Langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran)”. Volume 37, Nomor 1.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ