Implementasi Penggunaan Media Papan Pintar Berbantuan Kartu Flashcard untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas 1

Sania Aribah, Apri Utami Parta Santi, Tazkiyyatu Taznim

Abstract


. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi implementasi media papan pintar dan kartu flash card sebagai strategi pembelajaran inovatif untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan membaca siswa pada materi "Kalimat Perintah" di kelas 1 Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Semanu. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan studi literatur, observasi, dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Studi literatur dilakukan untuk mengumpulkan informasi dari berbagai sumber tertulis terkait penggunaan media papan pintar dan kartu flash card dalam pembelajaran. Penggunaan media papan pintar terbukti meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep "Kalimat Perintah" dengan menyediakan lingkungan pembelajaran yang dinamis, interaktif, dan visual. Siswa dapat mengamati struktur kalimat secara langsung dan mengaitkannya dengan konteks nyata, meningkatkan pemahaman mereka secara menyeluruh. Penggunaan kartu flash card efektif dalam membantu siswa memahami dan mengingat kosakata serta struktur kalimat perintah melalui pengulangan yang terstruktur, pembelajaran mandiri, dan keterlibatan aktif siswa. Kombinasi kedua media ini menciptakan pengalaman pembelajaran holistik bagi siswa, memperkuat pemahaman mereka terhadap materi pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Andini, A. N., & Mubin, A. N. (2022). Pengaruh media flashcard terhadap kemampuan mengenal huruf anak usia 5-6 tahun. Jurnal Penelitian Anak Usia Dini, 1(1), 1–11.

Hamid, A., Jayanti, J., & Selegi, S. F. (2023). Pengaruh Media Flash Card Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas 2 SD Negeri 01 Ulak Kemang. Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar, 6(1), 129–137.

Jalil, A. (2023). Implementasi Media Flash Card dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah (Studi pada Kelompok B di PAUD/KB. Segar Desa Pitusunggu, Kab. Pangkep). Al-Ahya, 9(1), 27–37.

Nurcahyawati, E., & Subianto, I. B. (2020). Pengembangan Pembelajaran Mengenal Huruf Hijaiyah dengan Menggunakan Flashcard pada Taman Kanak-Kanak Kartika VIII-39. SENADA: Semangat Nasional Dalam Mengabdi, 1(1), 36–43.

Putri, R. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Papan Pintar (Smart Board) Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1181–1189.

Rahmadhani, Z. A. (2021). Penerapan Metode Suku Kata Bola Salju dan Media Pantupin (Papan Pintar dan Kartu Pintar) untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan pada Siswa Kelas 1 di SDN 1 Tangkilsari dalam Program Kampus Mengajar Perintis Tahun 2020.

Witasari, R., & Rahma, T. A. (2022). Strategi Guru Kelas dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak melalui Media Flash Card. Absorbent Mind: Journal of Psychology and Child Development, 2(02), 87–98.

Yusuf, A., Suardana, I. N., & Selamet, K. (2021). Pengembangan media pembelajaran flashcard IPA SMP materi tata surya. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 4(1), 69–80.

Zuhroh, L., Nugrahani, R. F., & Anantri, G. (2023). Penerapan Metode Montessori Menggunakan Media Flashcard Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Awal Anak Usia Dini. EDUCURIO: Education Curiosity, 1(3), 697–701.

Zuhroh, L., Nugrahani, R. F., & Anantri, G. (2023). Penerapan Metode Montessori Menggunakan Media Flashcard Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Awal Anak Usia Dini. EDUCURIO: Education Curiosity, 1(3), 697–701.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ