Analisis Kesulitan Belajar Siswa Kelas II MI Muhammadiyah Cipetir pada Materi Membaca dan Menghitung

Ananda Adistya, Muhammad Ishaq Gery, Dyah Lyesmaya

Abstract


Tujuan penelitian ini ditujukan untuk mendeskripsikan hasil kesulitan membaca dan menghitung penjumlahan, pengurangan dan Dll siswa kelas II dan faktor penghambat membaca dan menghitung kelas II juga Solusi yang bisa dilakukan. Penelitian yang digunakan siswa-siswi kelas II MI Muhammadiyah Cipetir Penelitian ini digunakan dengan metode kualitatif dengan metode analisis, observasi, wawancara hasil penelitian menunjukkan bahwa ada beberapa anak yang mengalami kesulitan membaca dan menghitung faktor penyebab dari kesulitan siswa tersebut diantaranya keterbatasan, kurang focus, keterampilan dasar membaca dan menghitung seperti mengenali huruf, menggabungkan huruf dan angka-angka. Kurangnya minat dan motivasi membaca dan menghitung serta kurangnya dukungan dari lingkungan di sekitarnya seperti orang tuas dan juga guru oleh karena itu solusi yang dapat dilakukan oleh guru dan orang tua memberikan perhatian kepada anak dengan melatih membaca dan menghitung terus menerus, memberikan perhatian lebih juga menggunakan metode atau media yang konkret untuk siswa-siswi.


Full Text:

PDF

References


Paba, E., Noge, M. D., & Wau, M. P. (2021). Analisis Faktor-faktor Kesulitan Membaca Menulis dan Berhitung Siswa Kelas 1 SDI Bobawa Kecamatan Golewa Selatan Kabupaten Ngada Tahun 2020. Jurnal citra pendidikan, 1(2), 265-276.

Soleha, R. S., Enawar, E., Fadhillah, D., & Sumiyani, S. (2022). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas Ii Sekolah Dasar. Berajah Journal, 2(1), 58-62.

Rahmawati, P. (2023). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR KESULITAN MEMBACA DAN BERHITUNG PERMULAAN SISWA DI SD NEGERI GEDONGKIWO. NUSRA: Jurnal Penelitian dan Ilmu Pendidikan, 4(4), 864-877.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ